Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Akibat fatal dari penggunaan oli mesin motor matic yang tidak sesuai spesifikasi, menjadi perhatian khusus pengendara motor matic. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin motor matic.

oli mesin memiliki fungsi melumasi berbagai komponen, yang bergerak cepat dan menghasilkan gesekan. Oli yang tepat tidak hanya memastikan performa mesin yang optimal, tapi juga berkontribusi pada usia pakai mesin yang lebih panjang.



Terdapat akibat fatal dari penggunaan oli mesin motor matic yang tidak sesuai spesifikasi. Mulai dari penurunan performa, hingga kerusakan serius yang membutuhkan biaya perbaikan yang mahal.

1. Penurunan Performa Mesin yang Signifikan

Oli yang tidak sesuai spesifikasi, baik dari segi kekentalan (SAE), maupun jenisnya (mineral, semi-synthetic, full synthetic). Tidak memiliki kemampuan melumasi komponen mesin dengan optimal.

BACA JUGA:KEREN ABIS! 7 Fitur Canggih Andalan Motor Matic Yamaha NMAX Terbaru, yang Bikin Kamu Kagum

BACA JUGA:HEBOH!! Motor Matic Nmax Turbo Sebagai Ancaman Serius Untuk PCX 160

Hal ini menyebabkan gesekan antar komponen meningkat, sehingga mesin terasa berat dan tidak bertenaga. Anda mungkin akan merasakan tarikan awal yang loyo, akselerasi yang lambat, serta tenaga mesin yang seolah "tertahan" saat ingin dipacu.

Penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi pada motor matic, misalnya oli motor kopling yang digunakan pada mesin matic. Dapat menyebabkan tarikan motor terasa berat karena pelumasan tidak maksimal.

Ini terjadi karena oli kopling memiliki karakteristik yang berbeda dengan oli mesin matic. Yang lebih difokuskan pada ketahanan terhadap panas, dan kemampuan meredam getaran akibat penggunaan kopling sentrifugal.

2. Konsumsi Bahan Bakar yang Lebih Boros

Mesin yang tidak optimal akibat penggunaan oli yang tidak sesuai, harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama.

BACA JUGA:5 Hal yang Disukai dari Motor Matic Honda Forza 250

BACA JUGA:4 Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Forza 250

Hal ini berakibat pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Ini seperti Anda harus terus-menerus menekan pedal gas lebih dalam, untuk mempertahankan kecepatan.

Penggunaan oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi pada motor matic, dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 5%. Ini tentunya akan membebani pengeluaran Anda untuk biaya bahan bakar.

3. Keausan dan Kerusakan Komponen Mesin

Gesekan berlebih akibat oli yang tidak sesuai spesifikasi, dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin. Keausan ini akan terus menumpuk seiring dengan penggunaan motor, dan lama kelamaan dapat mengakibatkan kerusakan serius pada komponen mesin seperti piston, ring piston, dan dinding silinder.

Kerusakan pada komponen-komponen ini tidak hanya berdampak pada performa mesin yang menurun drastis, tapi juga membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Bahkan, pada kasus yang parah, kerusakan ini bisa membuat mesin motor matic Anda "mati total".

4. Bahaya Overheating Mesin yang Mengintai

Oli mesin juga berperan penting dalam menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Oli yang tidak sesuai spesifikasi terutama oli dengan kualitas rendah, umumnya memiliki kemampuan pendinginan yang lebih rendah dibandingkan oli rekomendasi pabrikan.

BACA JUGA: Mengoptimalkan Performa Motor Matic untuk Perjalanan Jauh

BACA JUGA:AHM Luncurkan Motor Matic All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

Hal ini dapat menyebabkan mesin mudah panas (overheating), terutama saat motor digunakan di jalanan padat atau stop-and-go yang menuntut mesin untuk bekerja ekstra.

Overheating mesin dapat berakibat fatal. Cairan pendingin (coolant) bisa mendidih dan menimbulkan gelembung udara di dalam sistem pendingin, sehingga pendinginan mesin menjadi tidak efektif.  

Selain itu komponen mesin yang terbuat dari logam, dapat memuai secara berlebihan. Sehingga berpotensi bergesekan satu sama lain, yang berujung pada kerusakan yang lebih parah.

5. Gangguan pada Sistem Kopling yang Sensitif

Pada motor matic, oli mesin juga berfungsi untuk melumasi kopling otomatis (centrifugal clutch). Penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi dapat menyebabkan kopling selip, getaran saat akselerasi, dan perpindahan gigi yang tidak halus.

BACA JUGA:3 Penyebab Motor Matic yang Kehilangan Tenaga Beserta Solusi Pemulihannya

BACA JUGA:5 Kelebihan Memiliki Motor Matic Besar Bisa Menghemat Bahan Bakar

Oli kopling pada motor bebek atau motor sport, memiliki aditif khusus yang dapat meningkatkan daya cengkeram kopling agar tidak selip saat mesin bekerja. Penggunaan oli tersebut pada motor matic, justru dapat menimbulkan efek sebaliknya.

Selain itu, oli yang tidak sesuai spesifikasi mungkin saja kurang efektif, dalam meredam getaran yang dihasilkan oleh sistem kopling otomatis. Sehingga Anda akan merasakan getaran yang tidak nyaman saat berkendara.

6. Menimbulkan Kerak dan Deposit yang Menjengkelkan

Oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi, lebih mudah teroksidasi dan menghasilkan kerak serta deposit pada komponen mesin. Kerak dan deposit ini, dapat menyumbat saluran oli dan mengganggu kinerja mesin.  

Akibatnya, sirkulasi oli menjadi tidak lancar dan pelumasan komponen mesin menjadi terhambat. Selain itu, penumpukan deposit pada ruang bakar, dapat menyebabkan knocking (suara kletek-kletek pada mesin).

BACA JUGA:Dampak Positif dan Negatif Saat Ganti Knalpot Motor Matic

BACA JUGA:5 Penyebab Bensin Motor Matic Boros dan Tips Menghematnya

Dan berkurangnya kompresi mesin, yang pada akhirnya mengurangi performa dan efisiensi bahan bakar motor matic.

7. Merusak Sensor dan Aktuator Elektronik pada Motor Matic Modern

Motor matic modern banyak dilengkapi dengan sensor dan actuator, yang bekerja secara elektronik untuk mengatur berbagai fungsi. Seperti injeksi bahan bakar, sistem pengereman ABS, dan kontrol traksi.

Oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi terutama oli yang mengandung deterjen berlebihan, dapat merusak komponen elektronik ini akibat kontaminasi atau hubungan arus pendek.

Dengan memahami akibat fatal dari penggunaan oli mesin motor matic yang tidak sesuai spesifikasi, diharapkan Anda dapat lebih bijak dalam memilih oli mesin untuk motor matic Anda. Gunakan oli yang tepat dan berkualitas untuk menjaga performa dan keawetan motor matic Anda, serta berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: