Sugeng Suparwoto Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Cilacap

Sugeng Suparwoto Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Cilacap

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto saat menjelaskan pentingnya 4 pilar kebangsaan, Jumat (3/5/2024). -ISTIMEWA-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Anggota MPR RI sekaligus Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto. Melaksanakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Cilacap, Jumat (3/5/2024). 

Dengan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, dalam kesempatan itu Sugeng Suparwoto menjelaskan pentingnya 4 pilar kebangsaan. Yaitu, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pedoman dalam ber Bangsa dan ber Negara. 

Sugeng Suparwoto menyampaikan, Pancasila sebagai Idelogi Negara dan dasar negara Indonesia, memiliki makna dan prinsip yang mendalam.

BACA JUGA:Jalan Penghubung Sidamulya-Semedo Tegal Butuh Perbaikan

"Sila pertama, ketuhanan yang Maha Esa. Indonesia adalah negara yang religius, tetapi tidak membenturkan kepentingan agama dan negara. Negara hadir untuk menilai nila-nilai agama," ungkap Sugeng.

Indonesia mengakui adanya kebebasan beragama dan menghormati berbagai agama dan kepercayaan yang ada di tanah air. Sila pertama mendorong sikap toleransi, saling menghargai, dan hidup berdampingan secara damai di antara umat beragama.

Sugeng juga banyak menjelaskan, sila-sila lainnya seperti sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Yang menekankan pentingnya menghormati hak asasi manusia dan memperlakukan semua orang secara adil dan beradab.

BACA JUGA:Jalan Penghubung Sidamulya-Semedo Tegal Butuh Perbaikan

Persatuan Indonesia, yang menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan golongan.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, yang menekankan pentingnya demokrasi dan musyawarah dalam pengambilan keputusan.

Dan sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang menekankan pentingnya mewujudkan keadilan sosial dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. 

BACA JUGA:Harga Cabai di Pasar Tradisional di Cilacap Merangkak Naik

"Nilai sila kelima ini mendorong upaya untuk mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi serta menciptakan kesejahteraan yang merata. Seperti kesempatan yang sama dalam pendidikan dan pekerjaan, pemerataan ekonomi, serta kesejahteraan," papar Sugeng. 

Selain mensosialisasikan 4 pilar tersebut. Sugeng, legislator dapil Jawa Tengah VIII meliputi Kabupaten Banyumas dan Cilacap, juga menyerap aspirasi masyarakat yang hadir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: