5 Komponen Motor Matic yang Wajib Rutin Dicek Agar Tidak Turun Mesin

5 Komponen Motor Matic yang Wajib Rutin Dicek Agar Tidak Turun Mesin

Beberapa komponen sepeda motor matic yang wajib rutin pengendara cek agar sepeda motor matic tidak turun mesin.-Fahma Ardiana-

 

Selain itu, kebiasaan hanya mengisi ulang oli juga berdampak buruk pada mesin sepeda motor matic karena dapat terbentuk lumpur oli akibat penumpukan polusi yang terus menerus.

Untuk memastikan bantalan dan roda gigi Anda selalu terlumasi dengan baik, ganti oli roda gigi Anda setiap dua kali penggantian oli.

Oli ketahanan master dan oli roda gigi master dapat digunakan sebagai pelumas. Viskositas yang sesuai dan daya tahan yang baik meminimalkan penguapan dan melindungi sepeda motor Anda dengan lebih baik.

2. Periksa kondisi minyak rem

Pada sepeda motor matic, rem sering blong saat dikendarai di jalan menurun. Sebab, sistem rem terlalu panas saat berkendara di jalan menurun.

BACA JUGA:5 Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Stylo 160

BACA JUGA:4 Tips Menjaga Cat Motor Matic Awet dan Tidak Cepat Rusak

 

Berbeda dengan sepeda motor jenis lain yang dapat menggunakan roda gigi atau pengereman mesin untuk membantu pengereman, pengereman sepeda motor matic tidak memiliki fitur ini.

Periksa kondisi minyak rem sepeda motor matic Anda sebelum berangkat untuk memastikan rem Anda tetap berfungsi maksimal.

Saat mengemudikan sepeda motor matic menuruni tanjakan yang panjang, gunakan rem dengan benar. Jika tuas rem masuk lebih dalam saat Anda menekannya, rem bisa menjadi panas dan rentan rusak.

Sebaiknya segera berhenti agar rem sepeda motor matic anda dingin. Anda dapat menggunakan minyak rem prestone yang memiliki titik didih melebihi standar DOT dan mengandung bahan tambahan anti korosi untuk melindungi dari korosi.

BACA JUGA:Yuk Ikuti! 7 Cara Mudah Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Sering Terjadi! 6 Penyebab Utama Suara Mesin Motor Matic Menjadi Kasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: