Pengawasan Kesehatan Lingkungan Rumah Makan di Ajibarang Diperketat

Pengawasan Kesehatan Lingkungan Rumah Makan di Ajibarang Diperketat

Pengawasan Kesehatan Lingkungan Rumah Makan di Ajibarang Diperketat -YUDHA IMAN/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pengawasan faktor risiko kesehatan lingkungan pada rumah makan di wilayah Ajibarang diperketat.

Kepala Puskesmas Ajibarang I, H. Kabul Harsono, SKM mengatakan tindaklanjut dari adanya dugaan keracunan 20 warga Candinegara paska mengkonsumsi lauk Padang yang dibeli di salah satu rumah makan yang masuk wilayah kerja Puskesmas Ajibarang I, pihaknya memperketat pengawasan faktor risiko kesehatan lingkungan pada semua rumah makan.

"Tidak hanya pada rumah makan Padang," katanya.

BACA JUGA:Podes 2024 Diklaim Sangat Penting untuk Perencanaan Pembangunan Wilayah

Kabul menjelaskan survailans dari puskesmas dan Dinas Kesehatan Banyumas pekan lalu turun melakukan penyelidikan faktor risiko kesehatan lingkungan dugaan keracunan pangan di Candinegara pada sumber. Hasilnya masih dijumpai faktor resiko tinggi kesehatan lingkungan dalam pangan di rumah makan Padang terduga sumber keracunan.

"Analisis hasil secara rinci bersifat rahasia. Tidak dapat kami sampaikan. Prinsipnya kami akan lakukan pembinaan terhadap si pelaku usaha rumah makan Padang," terang dia.

Dirinya berpesan kepada seluruh pelaku usaha rumah makan tidak hanya lauk Padang untuk lebih memperhatikan kondisi baku pangan, tempat penyimpanan bahan baki, pengangkutan, kemasan dan penyajian pangan, kebersihan peralatan kerja, kesehatan penjamah pangan hingga sarana sanitasi.

BACA JUGA:Seriusi Smart City, Dinkominfo Bimtek Masterplan

"Sarana sanitasi meliputi tempat cuci tangan karyawan, tempat cuci peralatan, tempat sampah tertutup dan toilet wajib dicukupi," pungkas Kabul. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: