Sodetan Rampung, Air Mengalir Kurangi Hantaman Sisi Kanan Hilir

Sodetan Rampung, Air Mengalir Kurangi Hantaman Sisi Kanan Hilir

Terbuka : Sodetan Klawing akhirnya rampung dan air sudah bisa mengalir melintasi sodetan.-Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Yogyakarta dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga pekan lalu akhirnya menyelesaikan sodetan Sungai Klawing Purbalingga. 

"Tepatnya Kamis pekan lalu rampung. Air sudah mengalir dan mampu mengurangi tekanan gerusan di sisi kanan yang rusak parah saat ini," kata Asisten Dua Sekda Purbalingga, Mukodam melalui Bagian Administrasi Pembangunan, Yudi, Senin 3 Mei 2024 sore.

Lebih rinci dijelaskan, spesifikasi sodetan yaitu lebar kurang lebih  10 meter, panjang kurang lebih 350 meter dengan kedalaman kurang lebih 5 meter hingga 7 meter.

BACA JUGA:Banyak Hari Libur, Sodetan Sungai Klawing Belum Rampung

BACA JUGA:Tambah 1 Alat Berat, Sodetan Sungai Klawing Dilanjutkan

Sebelumnya, pada awal April lalu realisasi pekerjaan mencapai 100 meter. Dengan lebar 10 meter dan kedalaman masih kurang dari 2 meter. Pekerjaan sempat terhenti beberapa kali karena musim dan hari libur.

Sementara itu, penanganan longsor tebing Klawing saat ini bersifat sementara. Sedangkan penanganan permanen sedang diusulkan di tahun ini melalui pusat sebanyak puluhan miliar.

Diberitakan sebelumnya, tebing di aliran Sungai Klawing wilayah Purbalingga longsor karena tergerus aliran sungai. Beberapa rumah rusak dan terancam hilang. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: