Tambah 1 Alat Berat, Sodetan Sungai Klawing Dilanjutkan

Tambah 1 Alat Berat, Sodetan Sungai Klawing Dilanjutkan

LANJUT: Pekerjaan sodetan Klawing bakal dilanjutkan usai lebaran ini.-Dok Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Yogyakarta dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PURBALINGGA masih menyelesaikan sodetan Sungai Klawing PURBALINGGA.

Asisten 2 Sekda Purbalingga Mukodam menjelaskan, menjelang lebaran  kemarin, pekerjaan dihentikan sementara. Lalu rencana  pada Rabu 17 April 2024 mendatang, tim BBWS SO Yogyakarta bakal turun lagi menyiapkan perlengkapan petugas.

Sebelum dihentikan sementara, pada awal April ini realisasi pekerjaan mencapai 100 meter. Dengan lebar 10 meter dan kedalaman masih kurang dari 2 meter.

Pihaknya tetap mendampingi dan melihat kondisi di lapangan. Lalu secara berjenjang melaporkan kepada pimpinan.

BACA JUGA:Tak Kuat Menanjak, Truk Bermuatan Paket Terguling di Sangkanayu

BACA JUGA:Sepekan Pasca Lebaran, Harga Komoditas Sembako di Purbalingga Masih Tinggi

Lebih lanjut dijelaskan normalisasi Sungai Klawing dilakukan dengan pembuatan sodetan di wilayah Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang.

"Kendala berarti tidak ada, hanya kadang hujan deras menjadikan lokasi pekerjaan harus ditinggal," tambahnya.

Hal tersebut dilaksanakan sebagai penanganan darurat terkait kerusakan tebing sungai klawing di wilayah Kelurahan Bancar.

"Terdapat sedimentasi di belokan Sungai Klawing yang cukup luas dan banyak, sehingga perlu adanya sodetan agar bisa mengurangi aliran sungai yang mengarah ke dinding sungai yang dekat dengan pemukiman warga di Bancar," rincinya.

Sesuai hasil rapat sebelumnya, estimasi 39 hari pekerjaan dengan catatan kondisi cuaca baik dan kondusif serta aliran sungai tidak banjir. Panjang sodetan 350 meter dengan lebar atas 10 meter dan lebar bawah 6 meter. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: