Simak Nih! 7 Tips Memilih Sabun Cuci Motor Matic yang Tepat, Menjaga Keindahan Kendaraan Anda

Simak Nih! 7 Tips Memilih Sabun Cuci Motor Matic yang Tepat, Menjaga Keindahan Kendaraan Anda

Simak Nih! 7 Tips Memilih Sabun Cuci Motor Matic yang Tepat, Menjaga Keindahan Kendaraan Anda-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips memilih sabun cuci motor matic yang tepat, adalah kunci untuk menjaga keindahan dan performa motor matic Anda. Hal ini karena sabun cuci motor matic diformulasikan khusus, untuk membersihkan kotoran dan kerak tanpa merusak komponen halus pada kendaraan Anda.

Membersihkan motor matic dengan sabun cuci yang tidak sesuai, bisa menimbulkan berbagai masalah. Bahan kimia yang terlalu keras pada sabun cuci piring atau deterjen biasa, dapat merusak lapisan cat motor matic Anda.

Cat yang kusam dan terkelupas tentu akan mengurangi estetika kendaraan. Selain itu bahan kimia keras juga bisa berdampak negatif pada komponen lain, seperti rantai, seal karet, dan mesin motor matic.

Rantai yang tidak terawat dengan baik, akan mudah berkarat dan menimbulkan suara berisik saat digunakan. Seal karet yang getas akibat terpapar bahan kimia keras bisa membuat oli mesin rembes.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 6 Dampak Buruk Mengabaikan Perawatan Shockbreaker Motor Matic

BACA JUGA:Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri

Lebih parahnya lagi, penggunaan sabun cuci yang tidak tepat berpotensi mengganggu kinerja mesin motor matic Anda.

Tips Memilih Sabun Cuci Motor Matic yang Tepat

Dengan memahami berbagai risiko yang bisa ditimbulkan, maka pemilihan sabun cuci motor matic yang tepat menjadi krusial. Berikut 7 tips memilih sabun cuci motor matic yang tepat, yang harus Anda ketahui:

1. Pilih Sabun Khusus Motor Matic

Hindari kebiasaan menggunakan sabun cuci piring atau deterjen biasa, untuk mencuci motor matic Anda. Sabun cuci motor matic diformulasikan khusus untuk membersihkan kotoran dan kerak yang menempel, tanpa merusak komponen halus pada kendaraan Anda.

Umumnya, sabun cuci motor matic mengandung bahan-bahan yang lebih lembut dibandingkan deterjen. Formulanya juga disesuaikan dengan karakteristik material pada motor matic, seperti cat, plastik, karet, dan logam.  

BACA JUGA:4 Kekurangan Motor Matic Yamaha Fino

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha Fino

Dengan menggunakan sabun khusus motor matic, Anda dapat memastikan bahwa proses pembersihan dilakukan dengan aman dan efektif.

2. Perhatikan Tingkat Keasaman (pH) Sabun

Sabun memiliki tingkat keasaman yang diukur dengan skala pH. Skala pH ini berkisar antara 0 (sangat asam) hingga 14 (sangat basa), dengan angka 7 menunjukkan netral.  

Sabun cuci motor matic yang baik memiliki tingkat pH yang seimbang, yaitu sekitar 7. Mengapa tingkat pH ini penting? Sabun yang terlalu asam (pH rendah) dapat membuat cat motor matic kusam dan terkelupas.

Lapisan cat yang terkikis, akan membuat warna motor matic Anda terlihat pudar dan kusam.  Selain itu paparan zat asam yang terus-menerus, bisa membuat permukaan cat menjadi lebih rentan terhadap goresan.

BACA JUGA:Keren! 5 Keunggulan Honda Beat yang Tidak Dimiliki Motor Matic Lainnya

BACA JUGA:6 Rahasia Meningkatkan Performa dan Tenaga Motor Matic

Sebaliknya sabun yang terlalu basa (pH tinggi), bisa membuat permukaan motor menjadi kusam dan bercak putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral pada air yang bercampur dengan sabun basa.

Sehingga meninggalkan endapan berupa kerak putih pada bodi motor matic Anda. Oleh karena itu, pilihlah sabun cuci motor matic yang memiliki keterangan tingkat pH netral pada kemasannya.

3. Pilih Sabun yang Mengandung Bahan Pembersih Alami

Saat ini semakin banyak produsen sabun cuci motor matic, yang menggunakan bahan pembersih alami dalam produk mereka. Bahan pembersih alami seperti lidah buaya dan jeruk nipis, dikenal lebih aman untuk motor matic dibandingkan  bahan kimia keras.

Lidah buaya memiliki kemampuan membersihkan dan mengangkat kotoran, tanpa merusak permukaan cat. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, bahkan dapat memberikan efek kilap pada permukaan motor matic Anda.  

BACA JUGA:7 Cara Merawat Knalpot Motor Matic yang Perlu Kalian Tahu!

BACA JUGA:5 Tips Perawatan Motor Matic Injeksi Agar Tetap Bertenaga

Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti lengket. Sehingga debu dan kotoran tidak mudah menempel kembali pada bodi motor matic, yang sudah dicuci bersih.

Jeruk nipis  secara alami bersifat asam ringan, sehingga efektif  membersihkan kerak membandel pada bodi motor. Misalnya bekas cipratan lumpur atau noda akibat kotoran burung.  

Namun perlu diingat bahwa kandungan asam pada jeruk nipis, harus diencerkan dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mencuci motor matic. Jika digunakan secara langsung, jeruk nipis berpotensi mengeringkan lapisan cat dan membuatnya kusam.

4. Waspada Kandungan Deterjen

Deterjen memang dikenal ampuh membersihkan kotoran. Namun deterjen yang terlalu kuat, bisa  membuat cat motor matic Anda kusam dan terkelupas dalam jangka panjang.  

BACA JUGA:Kymco GT 350i: Motor Matic Stylish Dengan Teknologi Terbaru Di Tahun 2024

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Suzuki Burgman yang Stylish

Hal ini karena deterjen mengandung bahan kimia yang bersifat abrasif, sehingga dapat  mengangkat lapisan minyak pelindung (wax) pada cat motor matic Anda.

Tanpa lapisan wax pelindung, cat motor matic Anda akan lebih mudah terpapar sinar UV dan oksidasi. Sehingga menjadi kusam dan terkelupas lebih cepat.  

Selain itu, deterjen juga bisa mengeringkan lapisan karet pada komponen motor matic, seperti seal dan karet rem. Seiring waktu, karet yang getas dan kering dapat retak dan bocor, sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen mesin.

Oleh karena itu, pastikan untuk membaca kandungan bahan pada kemasan sabun cuci motor matic sebelum membeli. Pilihlah sabun yang bebas deterjen, atau memiliki kandungan deterjen yang rendah.  

BACA JUGA:Punya Body Layaknya Motor Adventure, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Honda ADV 150

BACA JUGA:5 Cara Merawat Ban Tubeless Motor Matic Agar Awet

Jika Anda ragu tanyakan kepada penjual, atau baca ulasan pengguna lain untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

5. Busa Melimpah untuk Pembersihan Optimal

Sabun cuci motor matic yang baik umumnya menghasilkan busa yang melimpah. Busa berfungsi untuk mengangkat dan menjebak kotoran dari permukaan motor matic.

Semakin banyak busa, maka semakin efektif proses pembersihannya. Busa yang melimpah juga membantu meminimalisir goresan saat Anda mengelap motor matic.  

Pasalnya, busa bertindak sebagai bantalan yang melindungi permukaan cat dari gesekan kain lap. Namun, perlu diingat bahwa kualitas pembersihan, tidak semata-mata ditentukan oleh jumlah busa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: