Pengamat : Masyarakat Bisa Melihat Kapasitas dan Kapabilitas, Soal Persaingan Paman dan Keponakan Pada Pilkada

Pengamat : Masyarakat Bisa Melihat Kapasitas dan Kapabilitas, Soal Persaingan Paman dan Keponakan Pada Pilkada

Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga.-DOK ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kapasitas dan kapabilitas menjadi pegangan masyarakat, saat memilih bupati dan wakil bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga.

Hal itu diungkapkan oleh pengamat politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Indaru Setyo Nurprojo, kepada Radarmas, Senin, 27 Mei 2024.

"Dalam pelaksanaan Pilkada, siapa pun sebagai Warga Negara Indonesia berhak maju sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati," kata dosen ilmu politik ini.

Termasuk di Kabupaten Purbalingga, yang terbuka peluang adanya persaingan antara keponakan dan paman dalam Pilkada 2024 ini.

BACA JUGA:Peluang Persaingan Paman dan Keponakan dalam Pilkada Purbalingga 2024 Terbuka

BACA JUGA:Partai Gerindra dan Partai Golkar Seriusi Koalisi dengan PKB dalam Pilkada Purbalingga

Yakni, peluang akan bertemunya petahana Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, yang mungkin bakal diusung PDIP. Dengan pamannya, R. Ruli Adi, yang sudah melamar ke PKB, dan Partai Besar lainnya untuk maju sebagai bakal calon bupati.

"Jadi akan sangat mungkin adanya persaingan antara keponakan dan paman, kakak dan adik atau pun sahabat. Jadi semua sah-sah saja," jelasnya.

Menurutnya, bagaimana masyarakat menilai kapasitas dan kapabilitas calon yang muncul. "Masyarakat bisa menilai program atau visi dan misi apa yang ditawarkan oleh calon yang muncul," ujarnya.

Dia menjelaskan, masyarakat bisa melihat bagaimana prestasi keponakan dalam memimpin Kabupaten Purbalingga, apa saja prestasinya dan bagaimana kinerjanya.

BACA JUGA:Rekomendasi PKB untuk Pilkada Purbalingga 2024 Menunggu Hasil Survei Elektabilitas

BACA JUGA:Partai Gerindra Merapat ke PKB, Partai Golkar Ambil Formulir di Tiga Parpol

Masyarakat juga bisa melihat track record paman saat memimpin dan bekerja di tempat sebelumnya. "Apa saja prestasi yang diraihnya. Serta bagaimana kinerjanya," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, Dyah Hayuning Pratiwi adalah keponakan dari R. Ruli Adi. Dia merupakan anak dari Triyono Budi S, menantu Bapak RM Subagio Wiryo Saputra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: