Simak Nih! Tips Agar Tarik Bawah Motor Matic Menjadi Lebih Enteng, Berkendara LINCAH dan MENYENANGKAN

Simak Nih! Tips Agar Tarik Bawah Motor Matic Menjadi Lebih Enteng, Berkendara LINCAH dan MENYENANGKAN

Simak Nih! Tips Agar Tarik Bawah Motor Matic Menjadi Lebih Enteng, Berkendara LINCAH dan MENYENANGKAN-nsc-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips agar tarik bawah motor matic menjadi lebih enteng, dapat membantu Anda merasakan sensasi berkendara yang lebih lincah dan menyenangkan. Akselerasi yang responsif ini, membuat manuver di jalanan menjadi lebih mudah dan aman.

Pernahkah kamu kesal karena tarikan bawah motor maticmu terasa berat? Ingin ngebut saat lampu hijau tapi hentakannya lemot?

Aku pernah mengalaminya! Rasanya mesin seperti tertahan beban, bikin akselerasi lambat dan bikin panik saat mau menyalip.

Sebagai pecinta motor matic performa yang loyo tentu bikin bete, setelah searching sana-sini dan konsultasi ke bengkel akhirnya aku nemuin beberapa jurus ampuh! Berikut ini akan membahas, tips agar tarik bawah motor matic menjadi lebih enteng:

1. Ganti Roller CVT dengan Bobot yang Lebih Ringan

Roller CVT adalah komponen krusial dalam sistem transmisi CVT pada motor matic. Fungsinya sebagai pemberat yang akan mendorong ramp plate CVT, sehingga v-belt bisa bergerak dan akhirnya putaran mesin diteruskan ke roda belakang.

BACA JUGA:Perhatikan! 5 Bagian yang Membuat Motor Matic Menjadi Berisik

BACA JUGA:Simak Nih! 5 Cara Bikin Tarikan Gas Motor Matic Jadi Lebih Enteng

Nah bobot roller yang lebih ringan akan membuat ramp plate lebih mudah terdorong, sehingga putaran mesin bisa lebih cepat sampai ke roda belakang. Dengan kata lain, akselerasi awal motor matic pun bakal terasa lebih enteng.

Namun, perlu diingat, penggunaan roller dengan bobot yang terlalu ringan juga bisa berdampak negatif. Tarikan atas motor matic yaitu kemampuannya untuk meraih kecepatan tinggi, bisa jadi berkurang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih bobot roller yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis motor maticmu. Konsultasikan dengan bengkel terpercaya, agar mereka bisa memberikan rekomendasi terbaik.

Biasanya bengkel akan menawarkan pilihan bobot roller beberapa gram lebih ringan, dibandingkan bawaan pabrik.

2. Perawatan CVT

CVT atau Continuously Variable Transmission, merupakan jantung dari sistem transmisi motor matic. Perawatan CVT secara rutin seperti membersihkan kampas kopling, v-belt, dan roller CVT, sangatlah penting untuk menjaga performa tarikan bawah motor matic agar tetap optimal.

BACA JUGA:Laku dengan Harga Tinggi, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Honda Forza

BACA JUGA:Rekomendasi dan Spesifikasi Motor Matic dengan Harga Mulai Rp 25 Jutaan

Kotoran dan debu yang menumpuk pada komponen CVT, dapat menyebabkan slip (selip) dan membuat tarikan motor matic menjadi berat.

Idealnya, lakukan perawatan CVT secara berkala sesuai dengan anjuran pabrikan motor. Biasanya bengkel resmi akan menyarankan pembersihan CVT, setiap servis berkala atau kelipatan tertentu.

3. Oli CVT Berkualitas

Oli CVT memiliki peran penting dalam menjaga kelancaran pergerakan komponen CVT. Oli yang berkualitas akan meminimalisir hambatan gesekan antar komponen, sehingga putaran mesin bisa lebih mudah diteruskan ke roda belakang.

Akibatnya, tarikan bawah motor matic pun bakal terasa lebih enteng. Pilihlah oli CVT yang sesuai dengan spesifikasi motor maticmu, dan gantilah secara berkala sesuai dengan anjuran pabrikan.

BACA JUGA:5 Kekurangan Motor Matic Yamaha Gear 125

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha Gear 125

Jangan mudah tergiur dengan harga oli yang terlalu murah, apalagi oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor matic Anda.

4. Periksa Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak sesuai baik itu kurang angin atau kelebihan angin, dapat membuat handling dan performa motor matic menjadi berkurang, termasuk tarikan bawahnya.

Tekanan ban yang kurang angin akan membuat ban menjadi lebih menapak ke aspal, sehingga membutuhkan tenaga lebih besar untuk  menggerakkannya.

Sebaliknya tekanan ban yang berlebihan akan, membuat permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal berkurang. Sehingga daya cengkeram ban berkurang dan berpotensi selip.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Oli Motor Matic

BACA JUGA:Wajib Tahu! 5 Dampak Buruk Menggunakan Oli Motor Matic yang Tidak Sesuai

Pastikan tekanan ban motor maticmu selalu sesuai dengan anjuran pabrikan. Kamu dapat mengecek tekanan ban di bengkel terdekat, atau menggunakan alat pengukur tekanan ban yang tersedia di toko onderdil motor.

Biasanya informasi mengenai tekanan ban yang direkomendasikan, tertera pada stiker yang ditempel di dekat pelek atau box CVT.

5. Bersihkan Filter Udara

Filter udara yang kotor, dapat menghambat aliran udara bersih ke ruang bakar mesin. Akibatnya, proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan tenaga yang dihasilkan mesin pun berkurang.

Hal ini tentu saja akan berdampak pada tarikan bawah motor matic yang terasa loyo. Lakukan pembersihan filter udara secara berkala, atau gantilah dengan yang baru jika sudah kotor dan rusak.

6. Periksa Kondisi Kampas Kopling

Kampas kopling berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang. Kampas kopling yang aus atau sudah tipis, dapat menyebabkan slip dan membuat tarikan motor matic menjadi berat.

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Tidak Pernah Mengganti Filter Oli Motor Matic

BACA JUGA:Mengenal Tentang Filter Oli Motor Matic Beserta Fungsinya

Seiring dengan penggunaan, kampas kopling memang akan mengalami keausan. Nah jika kampas kopling sudah mulai aus atau rusak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru agar performa motor matic kembali optimal.

Perhatikan pula kondisi kampas kopling saat melakukan servis berkala. Tanyakan kepada mekanik, tentang kondisi kampas kopling dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

7. Pastikan Kondisi Mesin Prima

Mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan, termasuk motor matic. Kondisi mesin yang prima sangatlah penting untuk menghasilkan performa yang optimal, termasuk tarikan bawah yang responsif.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan servis rutin di bengkel terpercaya. Pada saat servis mekanik akan melakukan berbagai pemeriksaan dan penyetelan pada mesin, seperti membersihkan filter oli, mengecek kondisi busi, dan menyetel klep.

BACA JUGA:Anda Perlu Tahu! 6 Tips Menjaga Kualitas Oli Motor Matic

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 5 Penyebab Tarikan Motor Matic Menjadi Brebet

Jika terdapat kerusakan pada komponen mesin, segera lakukan perbaikan agar tidak semakin parah dan mengganggu performa motor maticmu.

Dengan menerapkan tips agar tarik bawah motor matic menjadi lebih enteng, kamu dapat meningkatkan tarikan bawah motor maticmu agar terasa lebih enteng dan responsif. Sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: