Kolaborasi Olahraga dan Pariwisata Arung Jeram, FAJI Susuri Klawing

Kolaborasi Olahraga dan Pariwisata Arung Jeram, FAJI Susuri Klawing

Rafting : Fun Rafting FAJI Purbalingga di Sungai Klawing, Kamis 23 Mei 2024 pagi sampai siang.-FAJI Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pagi itu, empat unit perahu karet (Inflatable raft), satu unit Inflatable kayak dan satu packraft menyusuri jeram-jeram sungai Klawing, Kamis 23 Mei 2024.

Rombongan menempuh jarak sekitar 4 kilometer, pengarungan dimulai dari Bendung Slinga dan berakhir di jembatan Wika Wirasana.

"Ini fun rafting untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan kegiatan arung jeram di Purbalingga. Kolaborasi Olahraga dengan pariwisata arung jeram," tutur Ketua Umum Federasi arung jeram Indonesia (FAJI) Purbalingga, Siswanto.

Dalam pengarungan itu, FAJI melibatkan unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes), Ketua Umum KONI Purbalingga, dan perwakilan sekolah menengah atas di Purbalingga.

BACA JUGA:Program Motor Listrik Mulai Merambah Perlengkapan Objek Wisata di Purbalingga

BACA JUGA:Triwulan Pertama Sektor Wisata di Purbalingga Hasilkan Rp 10,5 M

Lebih lanjut dikatakan, pada pengarungan berikutnya, FAJI berencana menyertakan perwakilan kelompok pencinta alam, Pramuka dan pengelola desa wisata.

FAJI sebagai wadah cabang olahraga (Cabor) arung jeram, lanjut Siswanto, membutuhkan atlet berkesinambungan. Melalui pengembangan arung jeram untuk wahana wisata, FAJI akan lebih mudah merekrut bibit-bibit atlet untuk cabor arung jeram.

"Karena itu kami mengundang kepala Dindikbud yang menaungi sekolah-sekolah dan kepala Dinpermasdes yang membina desa wisata di Purbalingga," ujar pria yang juga Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Purbalingga Budi Setiawan mengungkapkan komitmennya mendukung upaya FAJI dalam pengembangan olahraga dayung menjadi wahana wisata di Purbalingga.

BACA JUGA:Selama Libur Lebaran, 158.054 Wisatawan Kunjungi Purbalingga

BACA JUGA:Libur Cuti Bersama Lebaran, 81.777 Wisatawan Kunjungi Purbalingga

Dirinya yang juga Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar), mengaku berkepentingan memajukan olahraga dan wisata arung jeram di Purbalingga.

Menurutnya, warga Purbalingga yang ingin mencoba wisata arung jeram tidak perlu ke luar daerah. Ada info dari FAJi jika  sungai Klawing memiliki jeram yang ideal untuk wisata arung jeram keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: