3 Tips Memilih Oli Motor Matic Agar Mesin Tidak Bermasalah

3 Tips Memilih Oli Motor Matic Agar Mesin Tidak Bermasalah

Beberapa tips memilih oli motor matic yang sesuai dengan sepeda motor matic Anda.-Fahma Ardiana-

Kode SAE 10W-40, misalnya angka 10 sebelum huruf W, menunjukkan kekentalan oli mesin pada suhu rendah.

Angka setelahnya menunjukkan kekentalan oli saat mesin sepeda motor matic dalam keadaan panas. Semakin tinggi angka pada kode SAE maka semakin kental oli sepeda motor matic tersebut, begitu pula sebaliknya. 

Oli mesin sepeda motor matic yang umum digunakan di Indonesia umumnya memiliki kode SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50. Hal ini penting diketahui karena oli mesin harus disesuaikan dengan spesifikasi sepeda motor matic.

Hal ini karena performa mesin dapat bervariasi tergantung pada tingkat kekentalan oli. Viskositas produk oli membuat mesin lebih senyap meski menarik lebih keras dan menggunakan bahan bakar lebih banyak.

BACA JUGA:6 Keuntungan Memasang V-Belt Kavler Pada Motor Matic yang Perlu Anda Tahu!

BACA JUGA:Mengenal Tentang V-Belt Kavler Motor Matic: Fungsi dan Keunggulan yang Ditawarkan 

Oli mesin otomatis pada sepeda motor matic yang lebih tipis dengan cepat melumasi seluruh permukaan mesin, memastikan kinerja mesin lebih baik.

Kerugian dari minyak encer adalah cepat menguap, terutama pada cuaca panas.

2. Sesuaikan dengan Tahun Motor Matic

Selain kode “SAE”, paket minyak juga memiliki kode “API” atau American Petroleum Institute yang merupakan kode standar untuk menentukan mutu dan kualitas oli mesin.

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Penggunaan Cover Radiator Motor Matic, Bisa Bikin Mesin Overheat!

BACA JUGA:6 Rekomendasi Oli Motor Matic Murah Dibawah Rp 50 Ribu Dengan Kualitas Terbaik

Kode API memiliki huruf seperti SL, SN, dan SM. Huruf “S” menunjukkan tingkat kualitas minyak sesuai urutan abjad, semakin besar fontnya, semakin tinggi kualitasnya.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa sepeda motor matic tua dapat menggunakan oli mesin dengan kode "API" yang lebih tinggi.

Alasannya adalah mesin sepeda motor matic tua tidak dirancang untuk menerima oli berteknologi baru. Periksa daftar kode "API" berdasarkan rekomendasi tahun pembuatan sepeda motor Anda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: