Prediksi Sapi Kurban Disembelih Kisaran 3.500 Ekor

Prediksi Sapi Kurban Disembelih Kisaran 3.500 Ekor

Ternak : Peternakan sapi yang siap memasok hewan kurban setiap tahun di Purbalingga.-Dinpertan Purbalingga untuk Radarmas -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga memperkirakan jumlah sapi yang disembelih pada Idul Adha tahun 2024 ini kembali naik. Meski tidak signifikan, kenaikan hewan kurban sapi yang akan disembelih bisa mencapai 3.500 ekor tahun 2024 ini.

Seperti diketahui, berdasarkan data Dinpertan Purbalingga tahun 2023 lalu, ternak kurban sapi mencapai 3.200 ekor, kerbau 2 ekor, kambing 5.826 ekor dan domba 535 ekor.

"Setiap tahun selalu ada gambaran peningkatan jumlah penyembelihan meskipun tidak banyak," kata Kabid Perlindungan Tanaman, drh Edy Setyanta, Selasa 21 Mei 2024.

Prediksi itu dengan analisa bahwa ketersediaan atau stok sapi yang sehat, tidak terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta memenuhi syarat untuk kurban tahun ini masih sangat cukup.

BACA JUGA:LSD dan PMK di Purbalingga Semakin Minim Hanya Gejala Ringan

BACA JUGA:Harga Domba dan Kambing Masih Stabil Meski Permintaan Mulai Meningkat Jelang Hari Raya Kurban

Ia juga mengatakan, sudah ada Fatwa MUI bahwa sapi yang sembuh dari gejala PMK atau dengan gejala PMK ringan masih gemuk (tidak kurus,red) boleh (hukumnya sah) untuk disembelih sebagai hewan kurban.

“Sepanjang waktu penyembelihannya sesuai waktu yang disyariatkan yaitu selama 3 hari mulai dari Hari Raya Idul Adha, maka sah,” rincinya.

Lebih lanjut dikatakan, sapi yang disembelih tahun lalu tercatat adai sapi jenis peranakan Ongole, hasil persilangan sapi import Simental, Charolais, Limosin dan sapi Bali. Pihaknya juga optimistis PMK akan bisa diminimalkan.

“Terkait serangan virus, sudah ada vaksin. Syarat ternak divaksin adalah ternak yang ada di kandang sehat semua, belum ada yang pernah bergejala PMK. Sehingga kami pilih lokasi yang belum ada ternak yang suspek,” katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: