11 Cara Mengatasi Rem Motor Matic yang Ngempos

11 Cara Mengatasi Rem Motor Matic yang Ngempos

Pengguna motor matic perlu tahu bahwa minyak rem perlu diganti setiap 24.000 km atau 2 tahun & gunakanlah spesifikasi yang sesuai.-Pinterest -

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengendorkan baut pembuangan, lalu menekan tuas rem untuk memastikan oli rem keluar. Hal ini membantu membersihkan dan melumasi bagian-bagian dalam sistem rem yang mungkin mengalami gesekan atau kekeringan.

5. Buka Penutup Penampung Minyak Rem

Setelah melakukan langkah-langkah pembersihan dan pelumasan pada sistem rem, langkah selanjutnya adalah membuka penutup penampung minyak rem. Dengan membuka penutup ini, Anda dapat mengembalikan fungsi rem motor matic yang mungkin terganggu akibat ngemposnya sistem rem.

BACA JUGA:Fitur Canggih Yamaha Mio Gear 125 dan Nmax yang Tidak Dimiliki Motor Matic Pesaing

BACA JUGA:4 Perbedaan Motor Matic Honda Vario 125 dengan Honda Vario 160

6. Penyetingan Ulang Rem

Selanjutnya, perlu dilakukan adalah melakukan penyetingan ulang pada sistem rem motor matic. Pastikan untuk melakukan penyetingan dengan hati-hati dan teliti agar rem berfungsi dengan optimal.

7. Perhatikan Gelembung Udara pada Master Rem

Saat melakukan penyetingan ulang, perhatikan dengan seksama adanya gelembung udara pada master rem. Gelembung udara dapat mengganggu kinerja rem dan menyebabkan ngemposnya sistem rem.

8. Lepaskan Bagian Atas Master Rem Jika Masih Ada Gelembung Udara

Jika setelah penyetingan ulang masih terdapat gelembung udara pada master rem, langkah selanjutnya adalah melepaskan bagian atas master rem. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam sistem rem.

9. Identifikasi Gelembung Udara

Lalu lakukanlah identifikasi keberadaan gelembung udara pada sistem rem yang bermasalah ini. Gelembung udara dapat mengganggu kinerja rem dan menyebabkan ngemposnya sistem.

BACA JUGA:Mengenal Roller Motor Matic Beserta Fungsinya

BACA JUGA:Gampang Banget! Inilah 5 Cara Mudah Mengatasi Kerusakan Pada Roller Motor Matic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: