PENTING! Fungsi Lampu-Lampu pada Motor Matic, untuk Keselamatan Berkendara

PENTING! Fungsi Lampu-Lampu pada Motor Matic, untuk Keselamatan Berkendara

PENTING! Fungsi Lampu-Lampu pada Motor Matic, untuk Keselamatan Berkendara -honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Fungsi lampu-lampu pada motor matic penting untuk dipahami, agar pengendara dapat berkendara dengan aman dan bertanggung jawab. Hal ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan keamanan pengguna jalan lain.

Di balik kenyamanan penggunaan motor matic, keamanan saat berkendara menjadi prioritas utama. Tahukah Anda bahwa lampu-lampu pada motor matic, memiliki peran krusial dalam menjamin keselamatan Anda di jalan raya?

Pemahaman yang menyeluruh tentang Fungsi lampu-lampu pada motor matic ini, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan keamanan Anda saat bermanuver di jalanan.

1. Lampu Utama (Headlamp)

Lampu Utama sering disebut headlamp adalah penerangan utama motor matic, ketika dikendarai di malam hari atau saat kondisi minim cahaya.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic Tahan Banjir dan Tips Terobos Banjir Pakai Motor Matic

BACA JUGA:5 Kekurangan Motor Matic Honda Forza

Fungsinya tak sekadar menerangi jalan di depan pengendara, namun juga memberikan visibilitas yang baik untuk menghindari potensi bahaya. Lampu utama terbagi menjadi dua jenis:

a. Lampu Dekat (Low Beam)

Lampu dekat memiliki jangkauan cahaya yang lebih pendek, dan tidak menyilaukan pengendara lain. Ini menjadikannya ideal untuk digunakan saat berkendara di jalanan ramai, atau ketika berpapasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan.

Fokus cahayanya yang terarah ke depan, membantu Anda melihat dengan jelas marka jalan, pejalan kaki, dan potensi bahaya di sekitar. Tanpa mengganggu kenyamanan pengendara lain, yang berpapasan dengan Anda.

b. Lampu Jauh (High Beam)

Lampu jauh menawarkan jangkauan cahaya yang lebih jauh dan terang. Ini sangat berguna saat melintasi jalanan sepi atau minim penerangan.

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Honda Forza

BACA JUGA:Penyebab Mesin Motor Matic Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Dengan sorotan cahaya yang kuat Anda dapat mengantisipasi tikungan tajam, potensi rintangan di jalan, dan objek-objek yang berada jauh di depan.

Hindari penggunaan lampu jarak jauh ketika berpapasan dengan kendaraan lain, karena dapat menyilaukan pengendara tersebut yang dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan.

2. Lampu Sein

Lampu sein juga dikenal sebagai lampu riting, terletak di bagian depan dan belakang motor matic. Fungsinya vital yaitu untuk memberi isyarat kepada pengguna jalan lain, mengenai arah yang hendak Anda tuju.

Lampu sein ini terbagi menjadi dua sisi yaitu kanan dan kiri, yang menyala bergantian sesuai kebutuhan saat hendak berbelok arah.

a. Belok Kanan

Saat Anda hendak berbelok kanan, nyalakan lampu sein kanan. Ini memberi tahu pengendara di belakang Anda dan pengguna jalan lain, dari arah berlawanan mengenai manuver yang akan Anda lakukan.
    
b. Belok Kiri

Sama halnya nyalakan lampu sein kiri, untuk menginformasikan bahwa Anda akan berbelok ke kiri. Ini mencegah potensi kecelakaan, akibat salah paham antar pengguna jalan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Motor Matic Keyless Membuat Berkendara Tidak Ribet

BACA JUGA:Jadi Lebih Gesit! Inilah 6 Cara Meningkatkan Performa Motor Matic Dalam Jangka Panjang

Pastikan lampu sein Anda selalu berfungsi dengan baik, periksa secara berkala dan ganti bohlamnya jika sudah redup atau mati. Gunakan lampu sein sesuai fungsinya, jangan lupa untuk mematikannya kembali setelah selesai berbelok.

3. Lampu Senja (City Light)

Lampu senja sering disebut lampu kota, biasanya berwarna kuning dan terletak di bagian depan motor matic. Fungsinya adalah untuk memberi tanda keberadaan motor matic kepada pengguna jalan lain, terutama saat kondisi cahaya kurang optimal seperti saat senja, fajar, atau dalam kabut tipis.

Lampu senja ini tidak seterang lampu utama, namun cukup efektif untuk membuat motor matic Anda terlihat jelas oleh pengguna jalan lain. Sehingga dapat meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara.

Lampu senja biasanya menyala secara otomatis, saat kunci kontak diputar ke posisi "ON".  Pastikan lampu senja Anda selalu menyala saat berkendara, terutama di saat-saat dengan pencahayaan kurang ideal.

4. Lampu Rem

Lampu rem terletak di bagian belakang motor matic dan berwarna merah. Fungsinya sangat krusial  untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain, bahwa Anda sedang melakukan pengereman.

BACA JUGA:Bisa Berakibat Fatal! 5 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mengendarai Motor Matic

BACA JUGA:5 Penyebab Utama Motor Matic Bergetar Saat Ditarik Gas Pelan

Lampu rem ini akan menyala secara otomatis saat tuas rem ditekan. Pastikan lampu rem Anda selalu berfungsi dengan baik.

Rem mendadak tanpa disertai tanda lampu rem, dapat membingungkan pengendara di belakang Anda dan berpotensi menimbulkan kecelakaan beruntun. Lakukan pengecekan berkala pada lampu rem, dan segera ganti bohlamnya jika mati.

5. Lampu Indikator

Lampu indikator pada motor matic, berfungsi memberikan informasi kepada pengendara mengenai kondisi motor.

a. Lampu Indikator Oli

Lampu ini akan menyala saat oli mesin berkurang atau kotor dan perlu diganti. Oli mesin berfungsi melumasi komponen mesin agar dapat bekerja dengan optimal.

BACA JUGA:Wajib Tau! 5 Bahaya Penggunaan Kampas Rem Motor Matic Palsu

BACA JUGA:4 Dampak Bahaya Mereset Kilometer Motor Matic yang Harus Anda Tahu

Kekurangan oli atau oli yang kotor, dapat menyebabkan keausan komponen mesin dan kerusakan yang lebih parah.

b. Lampu Indikator Aki

Aki atau akumulator merupakan baterai pada motor matic, yang berfungsi menyimpan dan menyuplai listrik. Lampu indikator aki akan menyala, saat aki lemah atau bermasalah dan perlu diperiksa lebih lanjut.

Aki yang lemah ditandai dengan starter elektrik yang tidak berfungsi maksimal, atau lampu-lampu yang redup. Segera lakukan pengecekan aki atau penggantian jika diperlukan.

c. Lampu Indikator Mesin

Lampu ini merupakan tanda adanya masalah pada mesin motor matic Anda. Biasanya disertai dengan gejala lain seperti mesin brebet, tenaga mesin berkurang, atau suara mesin yang tidak normal.

BACA JUGA:Fungsi dan Cara Kerja Idling Stop pada Motor Matic

BACA JUGA:Penyebab dan Solusi Ban Belakang Motor Matic Goyang

Segera hentikan penggunaan motor matic dan bawa ke bengkel terdekat, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jangan mengabaikan lampu indikator mesin yang menyala, karena dapat berujung pada kerusakan yang lebih parah.

d. Lampu Indikator High Beam

Lampu ini berfungsi sebagai penanda bahwa lampu jauh (high beam) sedang aktif. Biasanya berwarna biru dan terletak di panel instrumen.  

Dengan adanya indikator ini, Anda dapat memastikan bahwa lampu jauh tidak dinyalakan secara tidak sengaja. Terutama saat kondisi tidak membutuhkannya.

6. Lampu Hazard

Lampu hazard atau lampu darurat biasanya berwarna kuning,, dan berkedip secara bersamaan di bagian depan dan belakang motor matic. Lampu ini berfungsi untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain, bahwa motor matic Anda sedang dalam keadaan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: