Rekomendasi Motor Matic Tahan Banjir dan Tips Terobos Banjir Pakai Motor Matic

Rekomendasi Motor Matic Tahan Banjir dan Tips Terobos Banjir Pakai Motor Matic

Informasi mengenai beberapa rekomendasi sepeda motor matic yang diclaim dapat melewati banjir serta tips saat menerobos banjir menggunakan motor matic.-Fahma Ardiana-

 

 

Ada batas aman mengoperasikan sepeda motor matic saat banjir. Jika Anda harus berkendara melalui jalan yang banjir menggunakan sepeda motor matic, ikuti panduan keselamatan berikut ini:

1. Prediksi kedalaman banjir

Pertama, amati sepeda motor lain, ini akan memastikan air tidak mencapai batas aman filter udara. Berbeda dengan sepeda motor dan sepeda sport, filter udara pada sepeda motor matic terletak di bagian bawah. 

Oleh karena itu, komponen ini menjadi salah satu yang paling rentan jika sepeda motor matic terkena air.

BACA JUGA:Cara Menangani Ban Belakang Motor Matic yang Terkunci

BACA JUGA:Cara Menghidupkan Starter Motor Matic yang Tidak Berfungsi

Batas keamanan adalah dek mesin, jika sepeda motor matic di depan Anda sudah terlanjur menerobos arus dan Anda melihat genangan air di seberang dek, sebaiknya berhenti atau mencari jalan alternatif.

2. Menjaga putaran mesin

Selanjutnya bagi sepeda motor matic, penting untuk selalu menjaga putaran mesin tetap stabil. Selain itu, sebisa mungkin hindari penggunaan rem depan.

Masalahnya, jika Anda menggunakan rem depan saat berkendara melewati genangan air atau banjir, Anda berisiko kendaraan tergelincir atau rem blong yang terbaik adalah tetap menginjak gas atau menjaga kecepatan mesin.

Hal ini memungkinkan sepeda motor matic untuk terus mendapatkan momentum ke depan sambil menghindari intrusi air melalui knalpot.

Apa yang terjadi jika air masuk ke dalam filter udara sepeda motor matic?

Jangan melanjutkan perjalananmu jika air sudah mencapai permukaan. Jika memungkinkan, berbalik dan cari rute lain. Hal ini karena air yang masuk ke filter Udara sepeda motor matic dapat menyebabkan situasi berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: