Waspadai! Hal yang dapat Menyebabkan Tangki Bensin Motor Matic Berkarat, Berakibat Kebocoran

Waspadai! Hal yang dapat Menyebabkan Tangki Bensin Motor Matic Berkarat, Berakibat Kebocoran

Waspadai! Hal yang dapat Menyebabkan Tangki Bensin Motor Matic Berkarat, Berakibat Kebocoran-astramotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hal yang dapat menyebabkan tangki bensin motor matic berkarat, menjadi perhatian penting guna menjaga tangki bensin dan performa motor tetap optimal. Hal ini juga dapat mencegah biaya perbaikan, yang tidak terduga di kemudian hari.

Bagi para pengguna motor matic, performa mesin adalah hal yang utama. Namun performa mesin yang optimal tak lepas dari kesehatan komponen penyokongnya, salah satunya tangki bensin.

Tangki yang sehat tidak hanya memastikan ketersediaan bahan bakar, tetapi juga menjamin kualitas bensin yang dialirkan ke mesin. Sayangnya seiring berjalannya waktu, musuh bernama karat bisa mengintai dan merusak tangki bensin motor matic Anda.

BACA JUGA:5 Alasan Ban Depan dan Belakang Motor Matic Memiliki Ukuran yang Berbeda

BACA JUGA:Perhatikan! Cara Kerja dan Fungsi Oli Pada Mesin Motor Matic

Karat tidak hanya mengganggu estetika motor, tetapi juga bisa berdampak buruk pada performa mesin dan keamanan berkendara. Oleh karena itu penting untuk memahami, 7 hal yang dapat menyebabkan tangki bensin motor matic berkarat.

Penyebab Karat yang Menyerang Tangki Bensin

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan tangki bensin motor matic berkarat, yang wajib Anda ketahui:

1. Tangki Kosong Terlalu Lama

Bensin memiliki sifat mudah menguap. Saat tangki dibiarkan kosong, udara akan masuk dan bercampur dengan sisa bensin yang mengendap di dasar tangki.

Campuran udara dan bensin ini, dapat memicu reaksi kimia yang menghasilkan karat. Kebiasaan mengisi bensin sedikit-sedikit untuk mengirit pengeluaran justru, dapat merugikan Anda dalam jangka panjang karena berpotensi memicu korosi pada tangki.

2. Air dalam Bensin

Air merupakan musuh utama logam begitu pula pada tangki bensin. Air yang tercampur dengan bensin dapat mempercepat proses korosi, hal ini bisa terjadi akibat beberapa faktor seperti:

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Penyebab Utama Motor Matic Tidak Bisa Distarter

BACA JUGA:Catat! Perbedaan Fitur ABS dan CBS pada Motor Matic

a. Hujan deras: Saat hujan deras air hujan bisa masuk ke dalam tangki, melalui lubang pengisian atau celah pada tangki yang penyok.
        
b. Mencuci motor: Semprotkan air bertekanan tinggi ke area mesin dan bodi motor sewajarnya. Hindari menyemprot langsung ke lubang tangki bensin, karena berpotensi mendorong air masuk ke dalam.

3. Tangki Bensin Penyok atau Bocor

Tangki bensin yang penyok atau bocor tidak hanya mengganggu penampilan motor, tetapi juga bisa menjadi jalan masuk bagi udara dan air dari luar. Paparan udara dan air inilah yang memicu timbulnya karat, segera tambal atau ganti tangki yang bocor atau penyok untuk mencegah korosi.

4. Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Demi penghematan, terkadang kita memilih bahan bakar dengan harga yang lebih murah. Namun tahukah Anda? Bahan bakar berkualitas rendah, bisa jadi mengandung zat aditif yang bersifat korosif.

BACA JUGA:5 Motor Matic dengan Fitur Anti-lock Braking System (ABS)

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! Penyebab Shock Breaker Motor Matic Menjadi Keras, Segera Lakukan Pemeriksaan dan Perbaikan

Zat ini, dapat merusak lapisan pelindung tangki bensin dan membuatnya lebih mudah berkarat. Sebaiknya gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan, untuk menjaga keawetan tangki bensin Anda.

5. Motor Jarang Digunakan

Bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi dan jarang menggunakan motor, hati-hati! Motor yang jarang dipakai, berisiko mengalami karat pada tangki bensin.

Hal ini dikarenakan bensin di dalam tangki, tidak tersirkulasi dengan baik. Akibatnya air dan udara yang tercampur dengan bensin, akan lebih mudah mengendap dan memicu karat.

6. Efek Samping Bahan Kimia Pembersih

Selain karat, musuh lain dari tangki bensin adalah bahan kimia pembersih yang tidak tepat. Penggunaan cairan pembersih yang keras pada bagian luar tangki bensin, dapat merusak lapisan pelindungnya.  

BACA JUGA:SIMAK Penyebab Aki pada Motor Matic Tekor, Wajib Diwaspadai!

BACA JUGA:Desain Futuristik untuk Motor Matic Modern dengan Performa Unggul

Lapisan yang terkikis membuat tangki lebih rentan terhadap serangan karat. Sebaiknya gunakan produk pembersih khusus motor, yang lebih ramah terhadap material tangki bensin.

7. Faktor Usia

Seiring berjalannya waktu, kualitas material tangki bensin meskipun terbuat dari logam akan menurun. Penurunan kualitas ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor lingkungan, sehingga tangki menjadi lebih rentan terhadap karat.

Cara Mengatasi Tangki Bensin yang Berkarat

Menemukan karat pada tangki bensin motor matic Anda, jangan langsung membuat panik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, tergantung tingkat keparahan karat.

1. Membersihkan Karat dengan Bahan Kimia

Untuk karat yang masih ringan, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan cairan pembersih karat yang banyak dijual di pasaran. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan, pada kemasan cairan pembersih tersebut.

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Model Terbaru dan Lawas

BACA JUGA:3 Motor Matic Terbaru dari Yamaha, Honda, dan Suzuki dengan Kelebihan dan Kekurangannya?

Proses pembersihan ini, sebaiknya dilakukan di bengkel atau tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Kenakan sarung tangan karet dan pelindung mata, untuk keamanan saat menangani bahan kimia.

2. Menambal Lubang Bocor

Jika terdapat lubang bocor pada tangki bensin, maka lubang tersebut harus ditambal terlebih dahulu sebelum dibersihkan dari karat. Anda dapat menggunakan lem khusus, untuk logam atau epoxy resin untuk menutup lubang tersebut.  

Setelah ditambal dan dipastikan tidak bocor, lanjutkan dengan proses pembersihan karat. Dengan menggunakan cairan pembersih, seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

3. Penggantian Tangki Bensin

Untuk kondisi karat yang sudah parah dan merusak struktur tangki secara signifikan, mau tidak mau Anda perlu melakukan penggantian tangki bensin dengan yang baru.

BACA JUGA:Penyebab V-Belt pada Motor Matic Selip, Yuk Cari Tau Bersama!

BACA JUGA:SIMAK Manfaat Servis Rutin Bagi Motor Matic, Ketenangan dan Rasa Aman saat Berkendara!

Anda bisa menggunakan tangki asli bawaan motor atau mencari alternatif aftermarket. Pastikan tangki pengganti terbuat dari material yang berkualitas, dan sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

Karat pada tangki bensin motor matic bukanlah masalah sepele. Selain mengganggu penampilan, karat dapat merusak tangki dan mencemari bahan bakar yang dialirkan ke mesin.  

Dengan mengetahui hal yang dapat menyebabkan tangki bensin motor matic berkarat, Anda dapat menjaga tangki bensin motor matic dan memastikan performa mesin yang optimal. Selalu gunakan bahan bakar berkualitas, cuci motor dengan hati-hati, dan lakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan tangki bensin Anda bebas karat. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: