5 Efek Negatif Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai pada Motor Matic, Ancaman Bagi Performa Mesin

5 Efek Negatif Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai pada Motor Matic, Ancaman Bagi Performa Mesin

5 Efek Negatif Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai pada Motor Matic, Ancaman Bagi Performa Mesin-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Efek negatif penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pada motor matic, menjadi sebuah ancaman bagi performa dan kesehatan mesin motor matic Anda. Disaat motor matic mendominasi jalanan di Indonesia, dengan kepraktisan dan kemudahan penggunaannya menjadi primadona bagi masyarakat.

Namun di balik kemudahan tersebut tersimpan tanggung jawab pemilik, untuk merawat motor matic dengan baik. Salah satu aspek penting perawatan yang kerap diabaikan, adalah penggunaan bahan bakar yang tepat.

Seringkali pengendara motor matic tergiur untuk memilih bahan bakar yang lebih murah, atau yang kebetulan tersedia di SPBU terdekat. Tanpa memperhatikan kesesuaiannya dengan spesifikasi mesin.

Padahal tindakan ini dapat membawa berbagai efek negatif, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut ini 5 efek negatif penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pada motor matic:

1. Performa Mesin Menurun

Efek yang paling mudah dirasakan pengendara adalah penurunan performa mesin, seperti tarikan motor terasa loyo, akselerasi lambat, dan getaran mesin meningkat. Hal ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna, akibat ketidaksesuaian antara angka oktan bahan bakar dan kompresi mesin.

BACA JUGA:CATAT! Kerugian Memasang Knalpot Brong pada Motor Matic, Berakibat pada Polusi Suara dan Udara

BACA JUGA:Membersihkan Motor Matic yang Berkarat Ternyata Tidak Sulit, Ini Langkah-Langkahnya

Angka oktan menunjukkan kemampuan bahan bakar, untuk menahan terjadinya knocking (ketukan liar) pada ruang bakar. Semakin tinggi angka oktan, semakin baik kemampuan bahan bakar tersebut untuk mencegah knocking.

Knocking adalah pembakaran abnormal yang terjadi sebelum waktunya, akibat tekanan tinggi di ruang bakar. Jika motor matic diisi dengan bahan bakar yang memiliki oktan lebih rendah, dari yang dibutuhkan mesin.

Maka dapat mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara, tidak dapat terbakar dengan sempurna. Sehingga energi yang dihasilkan pembakaran tidak optimal, akibatnya performa mesin menurun.

2. Boros! Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Pengendara mungkin berpikir penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah akan lebih hemat. Namun pemikiran ini keliru padahal yang terjadi adalah, pembakaran tidak sempurna menyebabkan bahan bakar terbuang percuma.

BACA JUGA:Wajib Tahu Nih! 6 Faktor Penyebab Karat Pada Motor Matic

 BACA JUGA:CANGGIH! Sistem Injeksi PGM-FI pada Motor Matic Honda, Menjadikannya Hemat Bahan Bakar

Mesin perlu bekerja lebih ekstra untuk menghasilkan tenaga yang sama, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Analogikan dengan kayu bakar yang memiliki kualitas baik, akan terbakar dengan sempurna dan menghasilkan panas yang optimal. Sebaliknya kayu bakar yang lembab atau kualitasnya rendah, akan sulit terbakar dan menghasilkan panas yang tidak optimal.  

Kita perlu menggunakan lebih banyak kayu bakar berkualitas rendah, untuk mendapatkan panas yang sama dengan kayu bakar berkualitas baik. Hal ini serupa terjadi pada pemilihan bahan bakar untuk motor matic.  

Bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai membuat mesin bekerja lebih berat, sehingga membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama.

3. Polusi Udara! Emisi Gas Buang Berbahaya Meningkat

Pembakaran tidak sempurna tidak hanya berdampak pada performa mesin dan konsumsi bahan bakar, tetapi juga emisi gas buang.  Proses pembakaran yang tidak optimal, menghasilkan gas buang yang lebih kotor.

BACA JUGA:TERNYATA INI! Kelebihan Menggunakan Lampu LED pada Motor Matic, Berkendara Aman dan Nyaman

BACA JUGA:7 Tanda-Tanda Busi Motor Matic Harus Diganti, agar Performa dan Keawetan Motor Tetap Terjaga 

Emisi gas buang berbahaya seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan nitrogen oksida (NOx) akan meningkat. Peningkatan emisi gas buang ini tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, tetapi juga kesehatan pernapasan manusia.  

Paparan gas CO yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Sedangkan gas HC dan NOx dapat memicu berbagai penyakit pernapasan, seperti asma dan gangguan paru-paru.

4. Waspada! Kerusakan Komponen Mesin dan Umur Mesin Pendek

Efek negatif penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pada motor matic, tidak hanya dirasakan dalam jangka pendek. Dalam jangka panjang hal ini dapat merusak komponen vital pada mesin motor matic, berikut beberapa kerusakan yang dapat terjadi:

a. Kerak pada Ruang Bakar dan Piston. Pembakaran tidak sempurna meninggalkan residu berupa kerak pada ruang bakar dan piston. Akumulasi kerak ini dapat mengganggu aliran udara dan bahan bakar, sehingga performa mesin semakin menurun.

BACA JUGA:Keunggulan Penggunaan Kunci Keyless pada Motor Matic

BACA JUGA:7 Komponen Penting Motor Matic yang Memengaruhi Kinerja
    
b. Kerusakan Sistem Bahan Bakar. Bahan bakar berkualitas rendah bisa saja mengandung zat aditif berbahaya, yang dapat merusak komponen sistem bahan bakar. Seperti injektor dan pompa bensin, hal ini berujung pada biaya perbaikan yang mahal.
    
c. Umur Mesin Pendek. Akibat akumulasi kerusakan pada berbagai komponen akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, umur mesin motor matic akan menjadi lebih pendek.

Anda perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk perawatan, atau bahkan terpaksa melakukan perombakan mesin lebih cepat.

5. Bahaya di Jalan! Keamanan dan Keselamatan Terancam

Selain merusak mesin penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, juga dapat membahayakan keselamatan pengendara. Akibat pembakaran tidak sempurna, mesin bisa saja mati mendadak saat dikendarai.  

BACA JUGA:8 Fitur Penting pada Motor Matic Agar Selalu Aman Saat Berkendara

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Memiliki Konsumsi Bensin Paling Irit, untuk Menghemat Pengeluaran

Sehingga akan sangat berbahaya terutama saat berkendara di jalan raya yang ramai. Bayangkan Anda sedang asyik berkendara pulang kantor, di tengah jalan raya yang padat.

Tiba-tiba motor matic Anda mati mendadak, akibat bahan bakar yang tidak sesuai. Anda terjebak di lajur kendaraan yang sedang melaju kencang, berpotensi mengalami kecelakaan.

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pada motor matic, bukanlah tindakan yang dapat dibenarkan. Meskipun terlihat hemat dalam jangka pendek, namun efek negatif yang ditimbulkan jauh lebih merugikan.

Anda akan mengeluarkan biaya lebih besar untuk perawatan dan perbaikan mesin, serta berisiko mengalami kecelakaan akibat mesin yang mogok mendadak. Oleh karena itu penting untuk menggunakan bahan bakar yang tepat dan berkualitas, demi keamanan, kenyamanan, dan performa motor matic Anda.

BACA JUGA:HARUS TAU! Fungsi dan Cara Menemukan Roller yang Tepat untuk Motor Matic, Tingkatkan Akselerasi dan Top Speed

BACA JUGA:Waspada! 5 Faktor Penyebab Kerusakan Engine Mounting Motor Matic, untuk Pencegahan dan Perbaikan

Efek negatif penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pada motor matic, mengakibatkan kerusakan serius pada mesin dan komponen lainnya serta membahayakan keselamatan pengendara. Rawat motor matic Anda dengan baik agar tetap irit, nyaman, dan aman dikendarai. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: