CATAT! Kerugian Memasang Knalpot Brong pada Motor Matic, Berakibat pada Polusi Suara dan Udara

CATAT! Kerugian Memasang Knalpot Brong pada Motor Matic, Berakibat pada Polusi Suara dan Udara

Kerugian Memasang Knalpot Brong pada Motor Matic, Berakibat pada Polusi Suara dan Udara-knalpotracing-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kerugian memasang knalpot brong pada motor matic berakibat pada berbagai aspek, mulai dari performa mesin, polusi suara dan udara, keselamatan, hingga aspek hukum. Sehingga penting untuk mempertimbangkan dengan matang, sebelum memutuskan untuk memasang knalpot brong pada motor matic.

Suara bising knalpot motor matic sering kali menjadi soundtrack, keseharian di jalanan Indonesia. Sebagai pengendara motor matic, saya pun tak luput dari godaan untuk memodifikasi kendaraan dengan knalpot brong.  

Tergiur oleh suara yang gagah dan anggapan performa yang meningkat, saya pun memasang knalpot brong di motor kesayangan. Awalnya rasa puas menyelimuti diri suara bising knalpot brong, bagaikan melodi yang membangkitkan semangat di jalanan.  

Namun lama kelamaan rasa puas itu mulai terkikis oleh kenyataan pahit, akbiat bahaya mengintai di balik suara bising knalpot brong. knalpot brong sebutan untuk knalpot aftermarket yang menghasilkan suara bising, seolah menjadi primadona bagi sebagian pemilik motor matic.

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Memiliki Konsumsi Bensin Paling Irit, untuk Menghemat Pengeluaran

BACA JUGA:Penyebab & Solusi Mengatasi Tarikan Gas Motor Matic yang Berat

Alasannya beragam mulai dari anggapan performa yang meningkat, hingga sekadar ingin tampil beda. Namun di balik gaung suaranya yang menggoda, tersimpan segudang kerugian yang tidak disadari oleh para penggunanya.

Oleh karena itu perlu memahami lebih dalam mengenai, kerugian memasang knalpot brong pada motor matic diantaranya:

1. Polusi Suara dan Udara

Knalpot brong dirancang tanpa sistem peredam suara yang memadai. Hal ini berujung pada produksi suara yang jauh melampaui batas kebisingan, yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dampak langsung yang dirasakan, akibat menggunakan knalpot brong adalah polusi suara. Masyarakat terutama di kawasan pemukiman dan perkotaan, akan terganggu kenyamanan hidupnya akibat kebisingan tersebut.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Motor Matic Yamaha Fino 125 Wajib Dibeli

BACA JUGA:Rekomended Banget! Inilah Motor Matic yang Cocok untuk Dibawa ke Perkebunan

Paparan suara bising dalam jangka panjang tidak hanya mengganggu ketenangan, tetapi juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Dampak polusi suara kebisingan terus-menerus dapat meningkatkan stres, mengganggu kualitas tidur, hingga berujung pada kerusakan pendengaran.

Selain itu kerugian memasang knalpot brong pada motor matic, juga berdampak terhadap polusi udara. Sistem pembakaran pada motor menjadi tidak optimal, akibat perubahan aliran gas buang yang drastis.

Hal ini menyebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna, sehingga emisi gas buang berbahaya seperti karbon monoksida dan hidrokarbon meningkat. Peningkatan emisi gas buang ini, tentu berdampak buruk pada kualitas udara dan kesehatan lingkungan.

2. Mesin Terganggu dan Boros BBM

Banyak pengguna knalpot brong yang terjebak pada anggapan bahwa knalpot tersebut, dapat mendongkrak performa mesin motor matic. Faktanya penelitian yang dilakukan Institut Teknologi Bandung, justru membuktikan sebaliknya.

BACA JUGA:6 Fitur Canggih Motor Matic yang Tidak Dimiliki Motor Konvensional

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Dampak Buruk Penggunaan Knalpot Brong Bagi Motor Matic

Knalpot brong justru mengacaukan aliran gas buang, yang sudah diatur dengan cermat oleh pabrikan. Aliran gas buang yang tidak sesuai spesifikasi mesin, dapat menyebabkan mesin menjadi tidak seimbang.  

Dalam kondisi terburuk dapat menyebabkan kerusakan serius, pada komponen mesin seperti piston dan blok mesin. Selain itu penggunaan knalpot brong, juga berimbas pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.  

Hal ini disebabkan oleh ketidaksesuaian antara pasokan bahan bakar, dan udara yang dibutuhkan untuk pembakaran optimal. Alhasil meski suara yang dihasilkan kencang, performa mesin motor matic dengan knalpot brong justru payah dan tidak efisien.

3. Urusan dengan Tilang dan Sita

Penggunaan knalpot brong di Indonesia telah diatur dalam, Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.  Peraturan ini menetapkan batas kebisingan kendaraan bermotor, knalpot brong yang melebihi ambang batas tersebut jelas melanggar aturan.

BACA JUGA:HARUS TAU! Fungsi dan Cara Menemukan Roller yang Tepat untuk Motor Matic, Tingkatkan Akselerasi dan Top Speed

BACA JUGA:Waspada! 5 Faktor Penyebab Kerusakan Engine Mounting Motor Matic, untuk Pencegahan dan Perbaikan

Pengendara yang nekat menggunakan knalpot brong berisiko ditilang oleh pihak kepolisian. Razia rutin yang dilakukan pihak kepolisian untuk menjaring kendaraan bermotor, dengan knalpot brong dengan denda yang tidak sedikit.  

Selain itu motor dengan knalpot brong dapat disita dan ditahan di kantor polisi, hingga pemiliknya mengganti knalpot tersebut dengan knalpot standar.

4. Memicu Konflik dan Gangguan Ketertiban

Suara bising yang dihasilkan knalpot brong tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga berpotensi menjadi pemicu konflik sosial. Beberapa kasus keributan antar warga, dipicu oleh suara bising knalpot brong terutama pada malam hari.

Hal ini tentu saja dapat mengganggu ketertiban umum dan keamanan lingkungan.  Menjaga suasana yang kondusif dan saling menghargai, antar pengguna jalan merupakan tanggung jawab bersama.  

BACA JUGA:PENTING! Tips Merawat Kiprok Agar Motor Matic Tetap Prima, Berkendara Aman dan Nyaman

BACA JUGA:5 Motor Matic Vespa Cocok di Kalangan Anak Muda dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Dengan menghindari penggunaan knalpot brong, kita turut berkontribusi menciptakan lingkungan yang aman dan tentram.

5. Risiko Kecelakaan dan Gangguan Pendengaran

Suara bising yang dihasilkan knalpot brong tidak hanya mengganggu pengendara lain, tetapi juga dapat menjadi faktor pemicu kecelakaan lalu lintas. Pengendara lain terutama pejalan kaki dan pengguna sepeda, bisa terkejut atau kehilangan konsentrasi akibat suara bising yang tiba-tiba.

Selain itu pengendara motor yang menggunakan knalpot brong sendiri, juga berisiko mengalami gangguan pendengaran. Paparan suara bising dalam jangka panjang dapat merusak sel-sel rambut halus, di dalam telinga yang berperan dalam proses mendengar.

Terlebih lagi gangguan pendengaran akibat kebisingan bersifat permanen, dan tidak dapat disembuhkan. Oleh karena itu diharapkan untuk tidak menggunakan knalpot brong, yang dapat merugikan orang lain dan diri sendiri.

BACA JUGA:MANTAP! Keunggulan Menggunakan Motor Matic untuk Kehidupan Sehari-Hari, Masa Depan Penuh Optimisme

BACA JUGA:MENGINTIP! Kecanggihan Motor Matic NMAX 160 Keluaran Terbaru, Raja Skutik Maxi di Indonesia.

Penggunaan knalpot brong pada motor matic ternyata menyimpan segudang kerugian, mulai dari dampak kesehatan dan lingkungan hingga pelanggaran aturan dan potensi kecelakaan. Mari kita cintai lingkungan dan diri kita sendiri, dengan menggunakan knalpot standar yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Knalpot standar tidak hanya menghasilkan suara yang lebih ramah lingkungan, tetapi juga mendukung performa optimal mesin motor matic kesayangan Anda. Selain itu Anda terhindar dari risiko ditilang dan terhindar dari potensi konflik, dengan pengguna jalan lainnya.

Melihat kerugian memasang knalpot brong pada motor matic kita dapat mempertimbangkan, beberapa alternatif lain yang lebih bijak dan bertanggung jawab. Dengan mempertimbangkan berbagai alternatif tersebut kita dapat memilih solusi yang terbaik, untuk motor matic kita tanpa harus membahayakan diri sendiri dan orang lain. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: