HARUS TAU! 7 Penyebab Utama Borosnya Bensin pada Motor Matic, agar Performa Motor tetap Optimal

HARUS TAU! 7 Penyebab Utama Borosnya Bensin pada Motor Matic, agar Performa Motor tetap Optimal

HARUS TAU! 7 Penyebab Utama Borosnya Bensin pada Motor Matic, agar Performa Motor tetap Optimal-wahana honda-

BACA JUGA:Bingung Pilih Motor Matic yang Cocok untuk Pria Kurus? Inilah 4 Rekomendasinya!

BACA JUGA:Gampang Banget! 5 Cara Mengidentifikasi Kerusakan Pada Busi Motor Matic

Dapat menyebabkan selip pada transmisi daya, sehingga membuat tenaga mesin terbuang percuma dan konsumsi bahan bakar meningkat.

Solusinya:

a. Bawa motor matic Anda ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya, jika Anda menduga ada masalah pada mesin. Semakin cepat kerusakan ditangani, semakin kecil dampaknya terhadap konsumsi bahan bakar dan performa mesin.

b. Lakukan servis berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Servis berkala tidak hanya sekedar ganti oli, tapi juga meliputi pemeriksaan dan pembersihan komponen mesin secara menyeluruh.

c. Deteksi dini kerusakan pada komponen mesin, dapat mencegah masalah yang lebih serius dan borosnya bahan bakar.

7. Ban Tubeless Bocor Mikro

Ban tubeless memang menawarkan kepraktisan, karena dapat menutup kebocoran kecil secara otomatis. Namun ban tubeless rentan mengalami kebocoran mikro, yang tidak terlihat kasat mata.

BACA JUGA:Motor Matic vs Motor Manual, Mana yang Lebih Enak untuk Touring Jarak Jauh ?

BACA JUGA:Perbedaan Mesin Motor Matic dan Motor Manual

Kebocoran mikro ini menyebabkan ban kehilangan tekanan angin secara perlahan. Kondisi ini membuat mesin bekerja lebih keras, untuk menjaga laju motor matic dan berdampak pada borosnya bahan bakar.

Solusinya:

a. Periksa ban tubeless secara rutin untuk mencari kebocoran mikro. Anda bisa merendam ban dalam air atau menggunakan cairan pendeteksi kebocoran, untuk menemukan titik kebocoran.

b. Gunakan cairan anti bocor tubeless. Cairan ini dapat membantu menutup kebocoran mikro pada ban tubeless secara sementara, namun cairan ini perlu diisi ulang secara berkala.

c. Tambal ban tubeless yang bocor dengan cara yang benar. Pastikan bengkel yang Anda kunjungi menggunakan peralatan, dan teknik penambalan yang tepat untuk ban tubeless.

BACA JUGA:5 Tips Berkendara Motor Matic di Tanjakan atau Turunan yang Aman

BACA JUGA:6 Manfaat Rutin Merawat dan dan Memeriksa Motor Matic Agar Selalu Prima

Dengan memahami penyebab utama borosnya bensin pada motor matic, dan menerapkan solusi yang tepat. Anda dapat berkendara dengan lebih irit dan ramah lingkungan, selain itu perawatan yang baik dapat  menjaga performa mesin tetap optimal. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: