Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive, Pilih Mana?

Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive, Pilih Mana?

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive-Freepik-

3. Inspeksi Visual dan Uji Coba

Saat memeriksa motor listrik dengan hub drive, roda yang memiliki motor cenderung lebih tebal dan besar karena dinamo dan magnet sudah terpadu dengan roda, sehingga tidak memerlukan penggunaan rantai atau fan belt. 

BACA JUGA:Penting! Memahami Perbedaan Baterai Biasa dengan Lithium Ion yang Terdapat Pada Motor Listrik

BACA JUGA:Penting! Inilah Perbedaan Rem Depan dan Belakang yang Terdapat Pada Motor Listrik

Sementara itu, motor mid drive akan terlihat lebih terintegrasi ke dalam frame motor tanpa mempengaruhi bentuk roda. Sistem ini membutuhkan rantai atau fan belt untuk mentransfer daya, sehingga penting untuk memeriksa keberadaan komponen-komponen ini sebagai tanda penggunaan motor mid drive.

4. Perbedaan Performa saat Uji Coba

Jika memungkinkan, melakukan uji coba akan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana setiap sistem menghandle berbagai situasi. 

Mid drive cenderung lebih baik dalam mengatur torsi dan menangani tanjakan, sementara hub drive mungkin merasa lebih responsif dan sederhana dalam penggunaannya pada kecepatan stabil dan medan yang rata.

Setelah memahami perbedaan antara kedua jenis mesin penggerak tersebut, mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem ini.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive

Kedua jenis motor ini memiliki karakteristik yang berbeda, dan memahami kelebihan serta kekurangannya dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Hub Drive

Motor listrik hub drive memiliki motor yang terletak langsung pada roda atau pelek. Biasanya digunakan untuk motor jenis bebek dan matic yang ingin diubah menjadi motor listrik. 

BACA JUGA:Terungkap! 5 Komponen Penting Motor Listrik yang Wajib Diperhatikan

BACA JUGA:KENALI! Berbagai Jenis Komponen Motor Listrik dan Fungsinya, CANGGIH dan RAMAH LINGKUNGAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: