Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive, Pilih Mana?

Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive, Pilih Mana?

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive-Freepik-

Salah satu kelebihannya adalah ruang mesin yang luas, karena motor terletak di roda. Namun, kekurangan utamanya adalah ketidakmampuannya untuk mengatur torsinya, karena performanya sudah ditentukan oleh pabrikan. 

Selain itu, penggunaan motor hub drive juga dapat memerlukan modifikasi pada kaki-kaki motor.

Mid Drive

Berbeda dengan hub drive, motor listrik mid drive terletak di tengah motor. Motor ini terhubung ke roda belakang melalui gear dan rantai, memungkinkan penggunaan variasi gear yang berbeda. 

Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk mengatur torsi dengan mudah, cukup dengan memainkan rasio final gear. Namun, kekurangannya adalah sulitnya menggunakan baterai dengan dimensi yang cukup besar, karena ruang mesin harus berbagi dengan motor.

BACA JUGA:10 Komponen Motor Listrik yang Perlu Sering Diperiksa, untuk Memastikan Kinerja Optimal

BACA JUGA:5 Komponen Penting Motor Matic yang Perlu Dicek Setelah Perjalanan Jauh

Dalam pemilihan antara hub drive dan mid drive, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda. Meskipun mid drive cenderung lebih unggul dalam hal daya dan performa, hub drive dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis dan mudah dipasang. 

Contoh motor listrik dengan penggerak hub drive antara lain United TX1800, Selis Neo-scootic, Alva One, dan Rakata NX8, sedangkan penggerak mid-drive biasanya hanya ditemui pada motor listrik bergaya sport seperti Energica Ego, Alredo Bravo, dan Zero S.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan motor listrik hub drive dan mid drive, Anda dapat membuat keputusan yang lebih matang sebelum beralih ke kendaraan ramah lingkungan ini.(amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: