Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive, Pilih Mana?

Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive, Pilih Mana?

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hub Drive dan Mid Drive-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kelebihan dan kekurangan motor listrik hub drive dan mid drive menjadi satu hal penting yang wajib diketahui, terutama bagi calon pengguna motor listrik.

Mengingat saat ini motor listrik menjadi kendaraan yang populer, namun sebelum memutuskan untuk membelinya perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya dengan memahami perbedaan antara kedua jenis mesin penggeraknya. 

Masing-masing mesin penggerak motor listrik tersebut tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan hub drive dan mid drive motor listrik.

Perbedaan Hub Drive dan Mid Drive pada Motor Listrik

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menggerakkan motor, letak dan cara kerja kedua tipe motor ini berbeda, yang berpengaruh pada performa keseluruhan kendaraan. Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan antara motor listrik hub drive dan mid drive:

1. Lokasi

Motor listrik hub drive biasanya terpasang langsung pada tengah roda, entah itu roda depan atau lebih sering pada roda belakang. Anda dapat mengidentifikasi motor ini jika melihat bahwa poros roda terlihat lebih besar dan lebih berat dari yang umum, yang menandakan adanya motor hub drive. 

BACA JUGA:KENALI! Berbagai Jenis Komponen Motor Listrik dan Fungsinya, CANGGIH dan RAMAH LINGKUNGAN

BACA JUGA:YUK INTIP! Jenis-Jenis Sensor yang Mungkin Ada pada Motor Listrik

Di sisi lain, motor listrik mid drive dipasang di tengah rangka motor, umumnya di area dekat atau tepat di bawah tempat duduk. Pemasangan ini memungkinkan motor untuk menggerakkan roda menggunakan rantai, mirip dengan cara kerja pedal pada sepeda biasa, sehingga memberikan penggunaan tenaga yang lebih efisien.

2. Cara Pengoperasian

Motor listrik hub drive beroperasi secara independen dan tidak memerlukan bantuan dari sistem transmisi lainnya pada sepeda atau motor listrik. Dengan kata lain, motor ini langsung menggerakkan roda tempat ia terpasang tanpa melalui komponen tambahan.

Sementara itu, motor listrik mid drive menggunakan sistem transmisi yang sudah ada, seperti gear dan rantai, untuk mentransfer daya ke roda belakang. Hal ini memungkinkan penyesuaian gear yang berbeda yang mirip dengan mekanisme mengayuh pada sepeda, yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai kondisi jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: