Gempa 4.9 Magnitudo Guncang Cilacap Pagi Ini

Gempa 4.9 Magnitudo Guncang Cilacap Pagi Ini

Gempa kekuatan M 4.9 mengguncang Cilacap.-BMKG untuk Radarmas -

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.9 magnitudo mengguncang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024). Gempa bumi itu terjadi pada pukul 07.48 WIB.

Pusat gempa bumi berada di laut 77 kilometer Tenggara Cilacap, dengan koordinat 8.38 lintang selatan, 109.24 bujur timur. Kedalaman pusat gempa berada di kedalaman 39 kilometer.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Hery Susanto Wibowo. 

BACA JUGA:Penanganan Longsor Tebing Klawing dan Serayu, Bupati 'Mengadu' ke Jakarta

Hery menjelaskan, sumber gempa berasal dari subduksi (zone penunjaman) lempeng Indo Australia menunjam ke lempeng Eurasia.

"Gempa juga dilaporkan terasa di Kabupaten Pangandaran, Ciamis Jawa Barat, Kabupaten Bantul Yogyakarta, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah," katanya. 

Pihaknya mengajak masyarakat supaya tidak panik dan meminta masyarakat untuk menerapkan mitigasi bencana yang sudah sering dilaksanakan oleh pemerintah setempat untuk mengedukasi di dalam lingkup keluarga.

BACA JUGA:Sadewo Tri Lastiono Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Banyumas di DPC PDIP

"Mulai dari lingkungan keluarga, orang tua bisa mengajarkan anaknya bagaimana melakukan evakuasi mandiri jika ada aktivitas gempa besar," katanya.

Ia meminta masyarakat untuk memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

"Jika ada kerusakan akibat gempa bisa melaporkan ke aparat setempat," kata Hery.

BACA JUGA:Kesal Sering Ditantang Duel, Begini Kronologi Lengkap Duel Maut di BGS

Sementara itu, berdasarkan pengakuan warga Kroya, Atin, guncangan gempa terasa sangat keras, ia bersama suaminya langsung lari keluar saat merasakan gempa tersebut.

"Tadi saya lagi bersiap mau berangkat kerja, kemudian terasa sekali guncangannya sehingga keluar," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: