Pemohon AK1 di MPP Purbalingga Melonjak Hingga 200 Orang Per Hari

Pemohon AK1 di MPP Purbalingga Melonjak Hingga 200 Orang Per Hari

ANTRE: Dua hari terakhir ini, antrean pemohon Kartu AK1 memenuhi loket pelayanan Dinnaker di MPP.-Dinkominfo Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Kabupaten PURBALINGGA yang membuka layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) sudah dua hari paska lebaran kebanjiran pemohon kartu pencari kerja (AK1). Pemohon melonjak hingga maksimal 200 orang per hari.

"Saat hari normal maksimal 50 orang per hari. Saat ini paska lebaran 2-3 hari minimal 100 dan maksimal pernah 200 pemohon," kata Kepala Dinnaker Purbalingga, Yani Sutrisno Udhi Nugroho melalui petugas di MPP, Suharmanto, Jumat 19 April 2024.

Suharmanto mengungkapkan, mayoritas pemohon AK1 untuk mendaftar atau melamar pekerjaan di beberapa perusahaan di Kabupaten Purbalingga.

“Kebanyakan untuk kerja lokal di Purbalingga. Seperti pabrik rambut dan bulu mata,” ungkapnya.

BACA JUGA:Paska Lebaran, Pasar Hewan Purbalingga Tetap Ramai Diminati Meski Bukan Hari Pasaran

BACA JUGA:Kasus DBD Terus Bertambah, Jumlah Empat Bulan Terakhir Sudah Menyamai Tahun Lalu

Lebih lanjut dikatakan, untuk bisa mengurus kartu AK1, para pencari kerja melakukan pendaftaran melalui aplikasi e-Makaryo terlebih dahulu. Tujuannya agar antrean tidak terlalu lama.

"Layanan Dinnaker di MPP Purbalingga saat ini bisa melayani pembuatan AK1 dan rekomendasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk ke luar negeri," tambahnya.

Pihaknya mengingatkan jika syarat permohonan kartu AK1 lengkap, langsung bisa antre di MPP. "Kami mencatat, lonjakan pemohon kartu AK1 juga terjadi paska kelulusan siswa SMK,” tuturnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: