MENAKJUBKAN! Teknologi Canggih Fitur Anti Maling Motor Listrik

MENAKJUBKAN! Teknologi Canggih Fitur Anti Maling Motor Listrik

MENAKJUBKAN! Teknologi Canggih Fitur Anti Maling Motor Listrik-alvaauto-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Teknologi canggih fitur anti maling motor listrik, menjadi penjaga setia kendaraan ramah lingkungan. Perpaduan antara inovasi dan kepedulian terhadap keamanan, menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi para pengguna motor listrik dan masyarakat luas.

Berbeda dengan motor konvensional yang sudah memiliki standar keamanan tersendiri, motor listrik yang masih tergolong rawan menjadi target aksi pencurian. Hal inilah yang mendorong para produsen, untuk menyematkan teknologi anti maling pada motor listrik.

Sistem Keamanan Berlapis untuk Kendaraan Anda

Para produsen motor listrik berlomba-lomba menghadirkan teknologi anti maling yang inovatif, hal ini tak lain bertujuan untuk memberikan keamanan optimal bagi para penggunanya. Umumnya terdapat beberapa lapisan keamanan, yang saling terintegrasi yaitu:



a. Kunci Keyless dan Smart Key

Sistem keamanan ini meninggalkan era kunci konvensional yang mudah diduplikat, sebagai gantinya digunakan kartu atau fob elektronik. Pengendara cukup membawa dan mendekatkan kartu atau fob tersebut ke area tertentu, pada motor untuk menyalakan mesin dan sistem kelistrikan.

BACA JUGA:PENTING! Cara Mengatasi Kerusakan Sistem Pengereman Motor Listrik

BACA JUGA:PENTING! Penyebab Tarikan pada Motor Listrik Kurang Responsif

Tak hanya itu beberapa motor listrik bahkan sudah dilengkapi dengan fitur kunci, dengan koneksi Bluetooth yang semakin memudahkan proses autentikasi.

b. Alarm dan Immobilizer

Kombinasi ini ibarat pukulan telak yang membuat para pencuri berpikir dua kali, sebelum melancarkan aksinya. Alarm akan berbunyi dengan nyaring jika ada upaya mengotak-atik motor, entah itu diguncang, didorong, atau dibongkar paksa menggunakan kunci palsu.

Di saat bersamaan immobilizer akan melumpuhkan fungsi mesin, sehingga motor tidak bisa dihidupkan meski paksa.

c. GPS Tracker

Teknologi ini bagaikan mata yang tak pernah terpejam. GPS tracker yang terpasang pada motor listrik, memungkinkan pengendara untuk melacak lokasinya secara langsung (real-time) melalui aplikasi smartphone.

BACA JUGA:MENARIK! Keeway Tipe 01 Motor Listrik Mungil yang Penuh Kejutan

BACA JUGA:Simak! Berikut Merupakan Cara Mendapatkan Motor Listrik Bersubsidi

Jika motor tercuri keberadaan GPS tracker  dapat membantu pihak kepolisian, untuk menemukannya dengan cepat.

d. Geofencing

Teknologi canggih fitur anti maling motor listrik untuk keamanan berlapis, tak berhenti sampai disitu. Geofencing sebuah fitur yang memanfaatkan teknologi GPS, memungkinkan pengendara untuk mengatur area aman virtual.

Ketika motor keluar dari area tersebut, pengendara akan menerima notifikasi peringatan di smartphone. Ini berfungsi untuk mencegah pencurian, dengan cara membawa kabur motor listrik.

e. Pengunci Rem Cakram

Tak bisa dipandang sebelah mata pengunci rem cakram tambahan, nyatanya turut andil dalam meningkatkan keamanan motor listrik. Pengunci ini dipasang pada cakram rem untuk mengunci roda, dan membuat motor tidak bisa digerakkan.

BACA JUGA:Penting! Inilah Manfaat dari Penggunaan Baterai yang Terdapat Pada Motor Listrik

BACA JUGA:Alasan Mengapa Banyak Kampus yang Mendukung Penggunaan Motor Listrik Bagi Mahasiswa

Teknologi canggih fitur anti maling motor listrik yang satu ini, biasanya menggunakan kombinasi angka atau kunci fisik untuk membukanya.

f. Fitur Anti Maling pada Baterai

Baterai yang menjadi sumber tenaga utama pada motor listrik tak luput dari perhatian. Beberapa produsen menyematkan sistem yang dapat mengunci baterai, dan membuatnya tidak dapat digunakan pada motor listrik lain.

Dampak Positif Teknologi Anti Maling

Hadirnya teknologi canggih fitur anti maling motor listrik, memberikan dampak positif yang signifikan. Tidak hanya bagi pengendara namun juga untuk masyarakat secara luas, berikut beberapa diantaranya:

a. Meningkatnya Rasa Aman dan Nyaman

Pengendara motor listrik tak perlu lagi khawatir berlebihan, saat meninggalkan motornya di tempat parkir. Lapisan keamanan yang terintegrasi, membuat mereka bisa beraktivitas dengan pikiran yang lebih tenang.

BACA JUGA:Perhatikan! Inilah Cara yang Penting untuk Perawatan Motor Listrik Setelah Ditinggal Mudik

BACA JUGA:Inilah Asal Usul dari Motor Listrik yang Melintasi Zaman

b. Penurunan Angka Kejahatan

Motor listrik dengan teknologi anti maling yang canggih, akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku kejahatan. Tingkat kesulitan yang tinggi untuk membobol sistem keamanan, dapat membuat mereka berpikir ulang untuk melancarkan aksinya.

c. Efek Jera dan Pencegahan Kejahatan

Maraknya motor listrik dengan fitur anti maling yang mumpuni, dapat memberikan efek jera pada calon pelaku curanmor. Mereka akan lebih berhati-hati dalam memilih target, dan beralih ke kejahatan lain yang potensinya lebih mudah.

d. Kontribusi pada Keamanan Lingkungan  

Pencurian motor listrik yang berhasil ditekan, dapat turut berkontribusi terhadap keamanan lingkungan. Hal ini dikarenakan maraknya aksi curanmor, kerap kali disertai dengan tindak kejahatan lainnya.

Tantangan Teknologi Anti Maling

Meskipun menawarkan segudang manfaat, teknologi anti maling pada motor listrik juga menghadapi beberapa tantangan. Berikut diantaranya:

BACA JUGA:Solusi Mengatasi Motor Listrik yang Tidak Kuat Menanjak

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Listrik dengan Teknologi Baterai Swap, Solusi Inovatif untuk Transportasi Ramah Lingkungan

a. Potensi Kerentanan Sistem

Seiring dengan perkembangan teknologi, para pelaku kejahatan pun terus berupaya meningkatkan kemampuan mereka. Tidak menutup kemungkinan akan muncul teknik-teknik pembobolan baru, yang dapat menjebol sistem keamanan yang ada.

b. Ketergantungan pada Infrastruktur Pendukung

Teknologi seperti GPS Tracker dan Geofencing, memerlukan jaringan telekomunikasi yang stabil. Jika jaringan terputus maka fitur tersebut akan berkurang fungsinya.

c. Kesadaran Pengguna

Secanggih apapun teknologi yang dibenamkan, peran pengguna tetap menjadi faktor penting.  Kurangnya kesadaran pengendara dalam menerapkan langkah-langkah keamanan konvensional,  dapat menjadi celah bagi pelaku kejahatan.

d. Biaya Produksi dan Harga Jual

Penerapan teknologi canggih tentu berpengaruh pada biaya produksi motor listrik. Peningkatan biaya produksi, dapat mempengaruhi harga jual motor listrik menjadi lebih tinggi.

BACA JUGA:Apa Itu Motor Listrik AC? Memahami Teknologi di Balik Kendaraan Listrik

BACA JUGA:Tak Perlu Datang ke Samsat, Begini Cara Bayar Pajak Motor Listrik Secara Online

Para produsen motor listrik dan stakeholder terkait memiliki tanggung jawab, untuk secara terus menerus mengembangkan teknologi anti maling yang semakin canggih. Selain itu sinergi antara produsen, aparat penegak hukum, dan masyarakat juga dibutuhkan  untuk meningkatkan kesadaran  tentang pentingnya keamanan motor listrik.  

Teknologi canggih fitur anti maling motor listrik diharapkan, dapat membawa era baru mobilitas yang aman dan nyaman. Sehingga diharapkan motor listrik dapat menjadi pilihan kendaraan yang aman, dan nyaman digunakan masyarakat. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: