PENTING! Penyebab Tarikan pada Motor Listrik Kurang Responsif

PENTING! Penyebab Tarikan pada Motor Listrik Kurang Responsif

PENTING!! Penyebab Tarikan pada Motor Listrik Kurang Responsif-alvaauto-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab tarikan pada motor listrik kurang responsif bisa beragam, mulai dari masalah baterai motor listrik hingga pengaturan controller. Memahami penyebabnya menjadi kunci untuk mengatasinya dengan tepat, dan memaksimalkan performa motor listrik Anda.

Saat mengalami kendala berupa tarikan motor yang kurang responsif, kondisi ini membuat Anda tidak nyaman dan menjadi mengganggu keselamatan saat berkendara.

Oleh karena itu jangan khawatir mari kita kupas tuntas, berbagai penyebab tarikan pada motor listrik kurang responsif beserta solusinya. Untuk mengembalikan performa motor listrik Anda seperti sedia kala.



1. Baterai Lemah

Baterai adalah jantung dari motor listrik ibarat bahan bakar pada motor bensin, baterai memasok energi yang dibutuhkan motor listrik untuk melaju. Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, kapasitas baterai bisa menurun.

BACA JUGA:Cara Mencegah Kerusakan pada Baterai Motor Listrik, Pahami Urutan Pengisian hingga Mencabut Charger yang Benar

BACA JUGA:Ketahui Spesifikasi Motor Listrik untuk Kebutuhan Harian Anda, Perhatikan 8 Hal ini!

Akibatnya energi yang dihasilkan tidak lagi optimal dan berdampak pada tarikan motor, yang terasa lemah terutama saat melewati tanjakan.

Solusi:

a. Perhatikan Cara Pengisian Daya

Pastikan pengisian daya dilakukan secara benar dengan isi penuh baterai sebelum digunakan, dan hindari kebiasaan membiarkan baterai dalam keadaan kosong terlalu lama. Selain itu jangan melakukan pengisian daya secara berlebihan (overcharge).

b. Pilih Baterai Berkualitas

Gunakan baterai dari brand ternama yang menyediakan garansi. Baterai berkualitas biasanya memiliki ketahanan dan performa yang lebih baik.

c. Ganti Baterai dengan yang Baru

Jika baterai sudah tidak dapat lagi diisi dengan baik atau dicas pun tarikan motor tetap lemah, maka penggantian baterai dengan yang baru menjadi solusi terbaik.

BACA JUGA:Desain Mirip Vespa, inilah 5 Fitur Canggih Motor Listrik Greentech VP yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:WASPADA! Ini Bahaya Mengisi Baterai Motor Listrik Saat Tidur

2. Motor Listrik Bermasalah

Motor listrik merupakan komponen yang mengubah energi listrik, dari baterai menjadi tenaga putar untuk menggerakkan roda. Apabila terjadi kerusakan pada motor listrik maka tarikan motor menjadi tidak normal, lemah, atau bahkan motor tidak bisa berfungsi sama sekali.

Solusi:

a. Bengkel Resmi adalah Pilihan Tepat

Untuk mengatasi masalah pada motor listrik bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi, yang memiliki teknisi terlatih dan peralatan yang lengkap. Mereka dapat melakukan diagnosis secara akurat, dan memperbaiki kerusakan pada motor listrik Anda.

b. Penggantian Motor Listrik

Jika kerusakan pada motor listrik sudah parah dan tidak dapat diperbaiki, maka perlu diganti dengan motor listrik yang baru.

3. Kontroler Rusak

Penyebab tarikan pada motor listrik kurang responsif salah satunya yaitu, kontroler yang berperan penting dalam mengatur aliran listrik menuju ke motor listrik. Ibarat otak pada manusia kontroler mengendalikan pasokan energi, agar sesuai dengan kebutuhan berkendara.

BACA JUGA:Keuntungan Menggunakan Motor Listrik dengan Baterai SLA, Lebih Hemat daripada Litium?

BACA JUGA:YUK SIMAK! Kelebihan Fan Belt Dibandingkan Rantai untuk Motor Listrik

Jika kontroler rusak maka tarikan motor bisa menjadi tidak stabil, tersendat-sendat, atau bahkan motor tidak bisa berfungsi sama sekali.

Solusi:

a. Serahkan pada Bengkel Resmi

Seperti halnya kerusakan pada motor listrik, permasalahan pada kontroler juga diatasi dengan membawa motor listrik Anda ke bengkel resmi. Para teknisi dapat mendiagnosis kerusakan dan memperbaikinya dengan peralatan yang sesuai.

b. Ganti Kontroler dengan yang Baru

Apabila kontroler sudah tidak dapat diperbaiki, penggantian dengan kontroler yang baru menjadi solusi agar motor listrik Anda kembali berfungsi normal.

4. Sensor Throttle Tidak Akurat

Sensor throttle tidak akurat menjadi penyebab tarikan pada motor listrik kurang responsif, sensor ini berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pengendara dan motor listrik. Ketika Anda memutar tuas gas sensor throttle akan mendeteksi posisi tuas, dan meneruskan informasi tersebut ke kontroler.

BACA JUGA:4 Keunggulan Motor Listrik Selis Neo Scootic, Murah Meriah dengan Performa Terbaik

BACA JUGA:Rasakan Kenyamanan Berkendara Motor Listrik

Kontroler kemudian mengatur aliran listrik ke motor listrik sesuai informasi yang diterima, jika sensor throttle mengalami kerusakan maka komunikasi menjadi terganggu. Hal ini menyebabkan tarikan motor tidak sesuai dengan posisi tuas gas, terasa tersendat-sendat, atau bahkan motor tidak bisa bergerak sama sekali.

Solusi:

a. Bengkel Resmi

Membawa motor listrik Anda ke bengkel resmi adalah solusi tepat, untuk mengatasi masalah pada sensor throttle. Teknisi dapat melakukan pemeriksaan dan perbaikan, untuk mengembalikan fungsi sensor throttle seperti semula.

b. Ganti Sensor Throttle

Jika sensor throttle sudah tidak dapat diperbaiki penggantian dengan sensor throttle baru, merupakan pilihan agar komunikasi antara pengendara dan motor listrik kembali lancar.

5. Ban Kempes atau Tekanan Udara Kurang

Ban yang kempes atau tekanan udaranya kurang dari rekomendasi pabrikan, dapat membuat motor terasa lebih berat saat dikendarai. sehingga dapat menjadi penyebab tarikan pada motor listrik kurang responsif, dan seolah-olah motor kekurangan tenaga.

BACA JUGA:Trik Aman Mengendarai Motor Listrik di Jalan Turunan

BACA JUGA:Memahami Kekuatan Motor Listrik dalam Menghadapi Jalanan Menanjak

Solusi:

a. Periksa Tekanan Udara Ban Secara Rutin

Biasakan untuk mengecek tekanan udara ban motor listrik Anda secara berkala. Sesuaikan tekanan udara dengan angka yang disarankan dalam buku manual, agar performa motor listrik tetap optimal.

b. Isi Angin Ban

Jika mendapati ban kempes segera isi angin menggunakan pompa angin, yang sesuai dengan jenis ban motor listrik Anda.

6. Lawan Gravitasi di Jalan Menanjak

Saat melintasi tanjakan tarikan motor listrik memang terasa lebih lemah, dibandingkan jalan datar. Hal ini wajar karena motor listrik harus melawan gravitasi, untuk dapat membawa Anda dan motor menuju puncak tanjakan.

Solusi:

a. Turunkan Gigi

Untuk membantu motor listrik mengatasi tanjakan, Anda dapat menurunkan gigi ke posisi yang lebih rendah. Hal ini meningkatkan torsi motor dan membuat proses pendakian menjadi lebih mudah.

BACA JUGA:TEROBOSAN BARU!! Motor Listrik Cargo Menjadi Transformasi Pengiriman Barang

BACA JUGA:KEREN ABIS!! Cara Kerja Rem Regeneratif pada Motor Listrik

b. Kurangi Beban Motor

Hindari membawa beban yang terlalu berat saat menjalani tanjakan. Semakin berat beban yang dibawa semakin berat pula kerja motor listrik, dan berdampak pada tarikan motor yang terasa semakin lemah.

Dengan memahami penyebab tarikan pada motor listrik kurang responsif, Anda dapat mengatasi  kendala tersebut dan menikmati pengalaman berkendara nyaman serta menyenangkan. Lakukan pemeriksaan rutin secara berkala dan segera atasi masalah yang muncul, agar motor listrik Anda tetap nyaman dan menyenangkan untuk dikendarai. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: