Rakor Persiapan Lebaran Soroti LPJU Mati dan Aspal Rusak di Perlintasan Rel

Rakor Persiapan Lebaran Soroti LPJU Mati dan Aspal Rusak di Perlintasan Rel

Camat Sumpiuh memimpin rapat koordinasi persiapan lebaran, Kamis (4/4) di Pendopo Surya Kusuma Yuda melibatkan lintas sektoral.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Wilayah Kecamatan Sumpiuh merupakan salah satu jalur arus mudik dan balik lebaran di Banyumas. Sehubungan dengan hal tersebut, Camat Sumpiuh menggelar rapat koordinasi persiapan Hari Raya Idul Fitri melibatkan lintas sektoral.

"Sumpiuh cukup strategis. Ada jalan nasional, jalur lingkar utara dan perlintasan rel kereta api. Bagaimana kita membantu pemudik yang melintas apabila ada imbas kemacetan," papar Camat Sumpiuh, Ahmad Suryanto, Kamis (4/4) di Pendopo Surya Kusuma Yuda.

Salah satu titik rawan yang dibahas yaitu perlintasan kereta api rel melintang JPL 501 Sumpiuh. Sebab, hingga siang hari ini belum ada pekerjaan penanganan kerusakan aspal di area rel.

Selain itu, kondisi lampu penerang jalan umum (LPJU) di area perlintasan rel ada yang mati. Sehingga, ketika memasuki masa arus mudik dan balik lebaran menjadi rawan.

BACA JUGA:Akses Penghubung Empat Desa Dipasang LPJU

BACA JUGA:Penghujan Jadi Penyebab Dominan Kerusakan LPJU

"Lampu dan aspal rusak di perlintasan rel sudah dikoordinasikan dengan dinas atau instansi yang berwenang, tapi belum ada tindak lanjut," jelas Ahmad.

Oleh karena itu, Ahmad memerintahkan kepada Lurah Sumpiuh dan Kradenan untuk menyiagakan satlinmas. Guna memantau arus lalu lintas dan membantu penggunaan jalan di area perlintasan rel.

Selain itu, juga menekankan kepada seluruh relawan dari berbagai organisasi yang mendirikan posko mudik. Supaya memperhatikan semua kelengkapan yang dibutuhkan.

Sehingga, ketika ada relawan membantu mengatur lalu lintas di titik rawan, sudah memenuhi standar operasional prosedur. Jangan sampai ada relawan minim perlengkapan yang justru dapat membahayakan dirinya sendiri.

"Apabila ada kejadian gawat darurat, kecelakaan atau keracunan selama arus mudik dan balik, on call Puskesmas 1 dan 2 Sumpiuh," tandas Ahmad.

Rapat koordinasi persiapan Idul Fitri dihadiri Kepala Puskesmas 1 dan 2 Sumpiuh, Kepala UPKP Wilayah Sumpiuh, relawan organisasi dan Polsek serta Koramil 10 Sumpiuh. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: