Akses Penghubung Empat Desa Dipasang LPJU

Akses Penghubung Empat Desa Dipasang LPJU

Pesepeda motor melintasi LPJU yang dipasang di ruas jalan desa penghubung empat desa di wilayah Kecamatan Kemranjen, Kamis (14/3/2024).-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Akses penghubung empat desa di wilayah Kecamatan Kemranjen, dipasang lampu penerang jalan umum (LPJU). Jalan tersebut merupakan lalu lintas Desa Karangjati, Kecila, Alasmalang, dan Kebarongan.

Kepala Desa Karangjati, Agus Suprihanto mengatakan, ruas jalan yang dipasang LPJU, merupakan jalur vital setelah jalan nasional. Oleh karena itu, sampai malam hari masih ada pengguna jalan yang melintas.

"Terpasang delapan titik lampu penerang di ruas jalan desa. Meski jalan berada di tengah sawah, malam hari tetap ada yang lewat," kata Agus, Kamis (14/3/2024).

Pengadaan LPJU bersumber dari dana aspirasi. Pemerintah Desa Karangjati berharap, di tahun anggaran mendatang ada tambahan. Sebab, jalan yag belum terapsang LPJU, masih kurang sekira sepuluh titik.

BACA JUGA:Tahun Ini LPJU Dianggarkan Rp 2,2 M

BACA JUGA:Penghujan Jadi Penyebab Dominan Kerusakan LPJU

Akses alternatif vital terlihat ketika lalu lintas jalan nasional sedang padat. Misalnya, ketika hari pasaran Pasar Wijahan, dan momen libur mudik-balik hari raya. Pengguna jalan memilih melintasi ruas jalan desa.

Selain itu, ruas jalan adalah jalur ekonomi warga. Aktivitas harian pedagang maupun petani untuk menjual hasil panen.

"Petani yang ke sawah di malam hari untuk merawat tanamannya, sekarang jalan sudah terang," imbuh Agus.

Sebelumnya, ruas jalan sama sekali tidak ada lampu penerang. Sehingga, kondisi di malam hari gelap. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: