KPU Banyumas : Penetapan Kursi DPRD Tunggu Surat dari MK

KPU Banyumas : Penetapan Kursi DPRD Tunggu Surat dari MK

Sosialisasi PKPU dari KPUD Banyumas bersama Parpol di Elsotel, Purwokerto, Senin (1/4).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melaksanakan sosialisasi PKPU nomor 6 tahun 2024 tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum di Elsotel Purwokerto, Senin (1/4/2024). 

Namun untuk pengumuman resmi penetapan hasil perolehan suara calon terpilih legislatif di Banyumas, masih menunggu surat dari MK

Komisioner KPU Banyumas, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Banyumas, Sufi Sahlan Ramadhan mengatakan, penetapan perolehan suara kursi DPRD Banyumas menunggu surat dari MK ke KPU RI. 

BACA JUGA:Permintaan Evakuasi Ular yang Masuk Pemukiman di Cilacap Meningkat

"Penetapan Kursi DPRD menunggu Surat dari MK ke KPU RI, apakah banyumas masuk dalam proses sengketa PHPU atau tidak, apabila tidak, maka KPU RI akan bersurat ke KPU Kabupaten untuk melakukan penetapan kursi atau paling lambat 3 hari setelah surat pemberitahuan MK diterima," katanya. 

Dijelaskan, apabila ada PHPU Pileg DPRD Kabupaten, maka 3 hari setelah Putusan MK baru ditetapkan.

"Khusus untuk Pilpers karena sudah ada PHPU, maka menunggu Putusan MK dan banyumas menjadi salah satu lokus yang disengketakan," jelasnya. 

BACA JUGA:KPU Banyumas: Penetapan Hasil Perolehan Suara Calon Terpilih Legislatif di Banyumas Tunggu PHPU Selesai

Dan jika MK sudah ada keputusan, dijelaskan, pihaknya baru akan membuat SK tentang penetapan perolehan kursi dan suara Pileg di Banyumas. 

"Kalau sudah ada putusan MK, baru nanti kita membuat SK tentang penetapan perolehan kursi dan suara," jelasnya. 

Sementara untuk persiapan menghadapi sengket pemilu tersebut, menurutnya, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan. 

BACA JUGA:Dishub Cilacap Lakukan Persiapan Mudik Lebaran Jalur Laut

"Kalau kami banyak sekali yang dipersiapkan terutama divisi teknis kemarin banyak banget. Yang pertama adalah laporan kejadian khusus di setiap TPS kemudian daftar hadir pemilih itu dipersiapkan semuanya harus ada berita acara hasil dan sebagainya itu kami sudah kami sampaikan kemarin ke KPU provinsi," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: