SIMAK!! Kerusakan yang Sering Terjadi pada Motor Listrik dan Solusinya.

SIMAK!! Kerusakan yang Sering Terjadi pada Motor Listrik dan Solusinya.

SIMAK!! Kerusakan yang Sering Terjadi pada Motor Listrik dan Solusinya.-unitedmotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kerusakan yang sering terjadi pada motor listrik umumnya, disebabkan oleh faktor usia dan penggunaan tidak tepat. Sehingga diperlukan pemahaman tentang penggunan, dan perawatan yang benar sebagai antisipasi terjadinya kerusakan.

motor listrik kian populer sebagai pilihan kendaraan ramah lingkungan, namun seperti kendaraan lainnya motor listrik juga tak luput dari kemungkinan kerusakan. Bagi para pengendara motor listrik, memahami kerusakan yang sering terjadi pada motor listrik dan solusinya menjadi penting.

Dengan pengetahuan ini Anda dapat menjaga performa motor listrik Anda, dan memastikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan. Berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi pada motor listrik beserta solusinya:



1. Baterai

Kerusakan yang sering terjadi pada motor listrik adalah bagian baterai. Baterai berfungsi menyimpan energi listrik, dan memasokannya ke motor untuk menggerakkan roda.

BACA JUGA:Inilah Cara Kerja Mesin Motor Listrik

BACA JUGA:PENTING ! Inilah 8 Fungsi Komponen yang Ada di Motor Listrik

Menjaga kesehatan baterai menjadi kunci, agar motor listrik dapat beroperasi dengan optimal.
Beberapa kerusakan yang terjadi pada bagian baterai motor listrik adalah:

a. Penurunan Performa Baterai

Usia baterai, pengisian daya tidak tepat, dan penggunaan motor yang berlebihan, juga dapat mempercepat penurunan performa baterai motor listrik Anda.

Solusinya gunakan charger original yang direkomendasikan pabrikan, hindari kebiasaan buruk mengisi daya hingga penuh terus-menerus (overcharging). Idealnya hentikan pengisian saat level daya mencapai 80%.

b. Baterai Cepat Habis

Baterai cepat habis biasanya disebabkan oleh kerusakan sel baterai, kebiasaan pengisian yang salah, atau suhu ekstrem.

BACA JUGA:Jangan Sampai Lupa! Inilah Fitur yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Motor Listrik

BACA JUGA:WAJIB DIPATUHI ! Inilah Tips Berkendara Motor Listrik yang Aman

Solusinya hindari kebiasaan mengisi daya hingga 100% terus-menerus. Biasakan untuk mengisi daya saat level daya mencapai 80%, dan biarkan baterai mendingin terlebih dahulu sebelum diisi ulang.

c. Baterai Bocor

Kebocoran baterai biasanya terjadi akibat kerusakan internal pada baterai, atau penggunaan baterai yang tidak sesuai spesifikasi.

Solusinya segera hentikan penggunaan motor listrik, dan bawalah ke bengkel resmi untuk diperbaiki. Untuk mencegah kebocoran gunakan baterai original, yang direkomendasikan oleh pabrikan.

2. Motor Listrik

Motor listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan yang kian digemari, juga rentan mengalami kerusakan. Meski minim perawatan dibanding motor bensin, motor listrik tetap membutuhkan perhatian.

BACA JUGA:Gampang BANGET !! Tips Merawat Motor Listrik agar Awet

BACA JUGA:Mengganti Baterai Motor Listrik Ternyata PRAKTIS BANGET

Berikut beberapa kerusakan yang terjadi pada motor listrik:

a. Motor Mati Total

Motor mati total biasanya terjadi karena sambungan kabel yang longgar, kerusakan pada motor listrik itu sendiri, hingga masalah pada controller (pengontrol motor).

Solusinya periksa dan kencangkan kembali sambungan kabel yang longgar. Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, berkonsultasilah dengan bengkel resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan motor atau controller.

b. Getaran Berlebih

Getaran yang berlebihan pada motor penyebabnya bisa karena kerusakan bearing motor, ketidakseimbangan roda, atau lagi-lagi masalah pada controller.

Solusinya bawa motor listrik Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diperbaiki, selain itu Anda juga bisa melakukan pengecekan dan menyeimbangkan roda secara berkala.

BACA JUGA:SEGERA CEK !! Bagian-bagian Motor Listrik yang Sering Mengalami Perbaikan

BACA JUGA:Perbandingan Konsumsi Energi Motor Listrik vs Motor Konvensional, Ternyata Begini!

c. Motor Terlalu Panas (Overheat)

Kondisi ini biasanya terjadi akibat penggunaan motor yang berlebihan,  masalah pada sistem pendingin atau malfungsi controller.

Solusinya hindari penggunaan motor listrik secara berlebihan, terutama di tanjakan yang curam.  Perhatikan juga kebersihan sistem pendinginan motor dan lakukan pembersihan secara rutin, jika diperlukan bawalah motor ke bengkel resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan controller.

3. Controller

Controller atau otak di balik kendali motor listrik, tak luput dari potensi kerusakan. Komponen ini mengatur kecepatan dan daya motor, memastikan Anda melaju sesuai keinginan.  

Namun layaknya otak manusia controller juga bisa "sakit" dan menyebabkan berbagai masalah. Berikut ini beberapa gangguan yang pada controller motor listrik:

BACA JUGA:WAJIB TAHU ! 5 Rekomendasi Motor Listrik Murah Berkualitas Harga di Bawah Rp 15 Juta

BACA JUGA:Keren! Ini Positif Motor Listrik Terhadap Lingkungan

a. Kehilangan Kendali

Gejala ini ditandai dengan motor yang tidak bisa dihidupkan, dimatikan, atau dipercepat sesuai keinginan. Penyebabnya bisa karena kerusakan pada controller itu sendiri, sambungan kabel yang longgar bahkan masalah pada baterai.

Solusinya periksa dan kencangkan kembali sambungan kabel yang longgar. Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, berkonsultasilah dengan bengkel resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan controller.

b. Motor Mogok

Kondisi ini ditandai dengan motor yang tidak mau jalan meskipun tuas gas diputar. Penyebabnya bisa beragam mulai dari kerusakan controller, masalah pada sensor motor, hingga kerusakan pada baterai.

Solusinya dikarenakan penyebabnya bisa beragam solusi terbaik adalah, membawa motor listrik ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diperbaiki teknisi ahli.

BACA JUGA:Bingung Charger Motor Listrik? Begini Cara Mengisi Baterai Motor Listrik yang Benar

BACA JUGA:Inilah 7 Faktor Pendukung Berkembang Pesatnya Motor Listrik di Indonesia

c. Lampu Indikator Mati

Kerusakan controller juga dapat menyebabkan lampu indikator pada dashboard, seperti lampu baterai atau lampu sein tidak berfungsi. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan controller, masalah pada kabel atau kerusakan pada baterai.

Solusinya periksa dan kencangkan kembali sambungan kabel yang longgar, jika lampu indikator masih tidak berfungsi bawalah motor ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

4. Ban Motor Listrik

Tak bisa dipandang sebelah mata ban memegang peranan krusial, pada performa dan keamanan motor listrik Anda. Sama seperti ban pada motor bensin, ban motor listrik juga rentan mengalami kerusakan.  

Hal ini menjadi kerusakan yang sering terjadi pada motor listrik, karenanya berikut ini beberapa gangguan yang pada ban motor listrik:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: