Sejumlah SPBU di Wilayah Kota Cilacap Disidak Petugas Kepolisian

Sejumlah SPBU di Wilayah Kota Cilacap Disidak Petugas Kepolisian

Petugas dari jajaran Polresta Cilacap mengecek kesesuaian takaran BBM dengan jumlah pembelian pada salah satu SPBU di wilayah kota Cilacap.-Humas Polresta Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Petugas Kepolisian Polresta CILACAP, melakukan pengecekan mendadak (sidak) terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten CILACAP

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kondisi Bahan Bakar Minyak (BBM), agar pemudik tidak dirugikan saat mengisi BBM ketika mudik lebaran Idul Fitri mendatang.

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono melalui Kasi Humas Polresta Cilacap Ipda Galih Soecahyo menjelaskan, pengecekan bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan sudah sesuai dengan dasar transaksi perdagangan.

"Untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan dan untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik," katanya ketika dikonfirmasi Radarmas, Minggu (31/3/2024).

BACA JUGA:Ratusan Pejabat di Lingkup Pemkab Cilacap Dirotasi

BACA JUGA:Hadapi Pilkada 2024 Kabupaten Cilacap, Partai Gerindra dan PAN Resmi Berkoalisi

Selain itu, giat tersebut untuk mendukung kegiatan Operasi Ketupat 2024. Sidak SPBU dilakukan untuk memastikan masyarakat aman ketika membeli BBM, menjelang mudik lebaran Idul Fitri mendatang.

"Saat tiba di lokasi, petugas langsung periksa menyeluruh terhadap BBM Bersubsidi maupun non subsidi, guna memastikan kesesuaian antara jumlah pengeluaran BBM yang tercatat di mesin dengan jumlah sebenarnya. Serta melakukan pemeriksaan kelayakan operasional mesin dispenser BBM," jelas Ipda Galih.

Hasil pengecekan terhadap keempat SPBU, menunjukkan Ketersedian BBM Subsidi maupun Non Susidi masih dalam keadaan aman dan tercukupi.

Tidak ditemukan penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak Subsidi maupun Non Subsidi dan Tidak ditemukan kecurangan atau hal yang merugikan masyarakat.

"Stok BBM di SPBU di wilayah Kabupaten Cilacap dipastikan aman selama bulan Ramadan dan libur panjang Idul Fitri 1445 H. Pihaknya juga memberikan himbauan kepada pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat." pungkas Ipda Galih.

Pihak kepolisian akan terus melakukan patroli dialogis secara intensif kepada SPBU untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas masyarakat Kabupaten Cilacap menjelang musim libur dan mudik Lebaran 1445 H. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: