WAJIB TAU!! Tips Perawatan Motor Listrik yang Benar, Agar Memperpanjang Usia

WAJIB TAU!! Tips Perawatan Motor Listrik yang Benar, Agar Memperpanjang Usia

Perawatan Motor Listrik, PEMULA WAJIB TAU!!-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips perawatan motor listrik yang benar bukan hanya soal kepraktisan dan efisiensi, tetapi juga merupakan sebuah komitmen untuk masa depan yang lebih hijau dan ramah lingkungan. Dengan melakukan perawatan secara optimal tidak hanya memastikan kendaraan Anda tetap prima, tetapi juga berkontribusi dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat bagi generasi mendatang.

motor listrik saat ini digunakan sebagai alternatif kendaraan ramah lingkungan. Dibandingkan dengan motor bensin, motor listrik memiliki konstruksi yang lebih sederhana dan perawatan yang lebih mudah.

Namun agar motor listrik Anda tetap awet dan performanya optimal, tips perawatan motor listrik yang benar tetap diperlukan. Beriku tips perawatan motor listrik yang benar bagi pemula:



1. Perawatan Baterai

Baterai mejadi salah satu bagian dari tips perawatan motor listrik yang benar, dikarenakan baterai diibaratkan jantung dari motor listrik. Kesehatan baterai sangat menentukan performa dan usia pakai motor Anda, oleh karena itu perhatikan beberapa tips berikut dalam merawat baterai motor listrik:

BACA JUGA:LEBIH IRIT! Inilah 7 Keuntungan Membeli Motor Listrik Subsidi

BACA JUGA:JANGAN PANIK! Cukup Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Motor Listrik yang Tiba-tiba Mati

a. Hindari Pengisian Daya Berlebihan (Overcharging)

Kebiasaan mengisi daya hingga penuh 100% secara terus-menerus dapat merusak baterai. Sebaiknya biasakan untuk mengisi daya saat level baterai tersisa 20-30%, sehingga usia baterai akan lebih awet.

b. Gunakan Charger Original

Setiap pabrikan motor listrik mendesain charger khusus, yang kompatibel dengan baterai bawaan motor mereka. Penggunaan charger original menjamin keamanan dan kesesuaian arus pengisian daya, merupakan tips perawatan motor listrik yang benar untuk motor listrik Anda.

c. Hindari Suhu Ekstrem

Baik suhu panas yang terik maupun suhu dingin yang ekstrem, dapat berdampak buruk pada kesehatan baterai motor listrik. Oleh karena itu simpan motor listrik Anda pada area yang teduh, dan memilki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu hindari juga memarkirkan kendaraan motor listrik Anda, di bawah terik matahari langsung dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:ANDA PERLU TAHU ! 5 Tips Membeli Motor Listrik yang Tepat dan Sesuai Dengan Kebutuhan

BACA JUGA:Inilah 7 Faktor Pendukung Berkembang Pesatnya Motor Listrik di Indonesia

d. Simpan Baterai di Tempat yang Sejuk dan Kering

Jika Anda berencana tidak menggunakan motor listrik dalam waktu yang lama, sebaiknya untuk melepas baterai dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Idealnya level daya baterai berada di kisaran 50% saat disimpan.

2. Perawatan Ban

Pengecekenan ban secara berkala termasuk dalam tips perawatan motor listrik yang benar, karenanya dapat menjamin keselamatan Anda saat berkendara. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan ban motor listrik:

a. Periksa Tekanan Ban Secara Rutin

Tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan akan memberikan kestabilan, dan handling yang optimal saat Anda mengendarai motor listrik. Biasakan untuk mengecek tekanan ban minimal seminggu sekali.

b. Gunakan Ban dengan Kualitas Baik

Pilih ban yang memiliki daya cengkeraman yang baik dan awet, sehingga pengereman dan handling motor listrik Anda akan lebih optimal dan aman.

BACA JUGA:CEK! Penyebab Kerusakan Baterai Motor Listrik, Memperpendek Usia Baterai

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Saat Musim Hujan, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Rusak

c. Perhatikan Keausan Ban

Seiring dengan penggunaan, ban motor listrik pasti akan aus. Periksalah kondisi ban secara berkala dan segera lakukan penggantian jika alur ban sudah mulai tipis atau permukaan ban sudah tidak rata.

3. Perawatan Rem

Menjaga kondisi rem merupakan tips perawatan motor listrik yang benar, untuk menjamin keselamatan Anda saat berkendara. Berikut ini tips merawat rem motor listrik yang dapat Anda laukuan:

a. Periksa Kampas Rem Secara Rutin

Penggunaan kampas rem yang sudah tipis, dapat menyebabkan rem tidak pakem dan berisiko menimbulkan kecelakaan. Sesuai anjuran pabrikan lakukan pengecekan ketebalan kampas rem secara berkala, hal ini karena sudah menjadi bagian dari perawatan motor listik.

b. Gunakan Minyak Rem yang Sesuai

Gunakan minyak rem yang direkomendasikan pabrikan motor listrik Anda. Minyak rem yang berkualitas akan menjaga performa rem tetap optimal, dan memberikan rasa percaya diri saat berkendara.

BACA JUGA:Rekomended Banget! Inilah Daftar Motor Listrik dengan Harga MURAH

BACA JUGA:Ini BAHAYA yang Ditimbulkan Ketika Motor Listrik Tidak Bersuara

c. Periksa Level Minyak Rem Secara Rutin

Kurangnya minyak rem dapat membuat fungsi rem terganggu. Sehingga biasakan untuk melakukan mengecek level minyak rem secara berkala, dan tambahkan minyak rem jika diperlukan.

4. Perawatan Rantai

Pengecekan rantai merupakan bagian dari perawatan motor listrik, yang berfungsi menghubungkan motor dengan roda. Tips perawatan motor listrik yang benar jika dilakukan mempengaruhi performa dan usia, karenanya berikut ini tips perawatan rantai motor listrik yang dapat Anda laukan:

a. Lumasi Rantai Secara Rutin

Gunakan pelumas rantai khusus motor listrik, pelumas ini akan menjaga rantai tetap halus dan terhindar dari karat. Pelumasan rantai secara berkala sesuai dengan petunjuk pabrikan, perlu diperhatikan saat melakukan tips perawatan motor listrik yang benar.

b. Periksa Ketegangan Rantai

Rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur, dapat menyebabkan kerusakan pada rantai dan gear. Atur ketegangan rantai sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor Anda.

BACA JUGA:Kenapa Motor Listrik Tidak Bersuara? Begini JAWABANNYA!

BACA JUGA:PEMULA Harus Tahu! Kesalahan Perawatan Motor Listrik yang Harus Dihindari Saat Mencuci Motor

c. Bersihkan Rantai dari Kotoran

Kotoran yang menempel pada rantai dapat menyebabkan rantai berkarat dan cepat aus. Setelah berkendara melewati jalanan yang basah atau berlumpur, bersihkan rantai motor listrik Anda menggunakan air bersih dan sabun.

Dengan mengikuti tips perawatan motor listrik yang benar ini, Anda dapat memastikan motor listrik terawat dengan baik dan performanya tetap optimal. Melakukan tips perawatan motor listrik yang benar akan memperpanjang usia pakai motor, dan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: