CEK! Penyebab Kerusakan Baterai Motor Listrik, Memperpendek Usia Baterai

CEK! Penyebab Kerusakan Baterai Motor Listrik, Memperpendek Usia Baterai

KETAHUI!! Penyebab Kerusakan Baterai Motor Listrik, Memperpendek Usia Baterai-unitedmotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab kerusakan baterai motor listrik biasanya terjadi karena faktor kelalaian pengguna, namun tidak menutup kemungkinan terjadi juga karena faktor alam seperti llingkungan ekstrem. Berikut ini kita akan membahas tentang penyebab kerusakan baterai motor listrik, sehingga diharapkan dapat menjaga dan merawat baterai agar usia baterai lebih lama.

Baterai merupakan jantung dari motor listrik yang menjadi sumber energi utama, yang menentukan performa dan ketahanan kendaraan. Tidak seperti motor bensin yang perawatannya cenderung simpel, baterai motor listrik rentan terhadap kerusakan.

Kerusakan ini dapat berakibat fatal mulai dari penurunan performa, pengurangan jarak tempuh, hingga motor yang mogok total. Mengenali penyebab kerusakan baterai motor listrik, adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan motor listrik Anda.  



Penyebab Kerusakan Baterai Motor Listrik

Berikut beberapa faktor yang dapat memperpendek usia baterai Anda:

BACA JUGA:7 Cara Mencuci Motor Listrik Agar Tidak Korslet, Aman Tanpa Takut Kesetrum

BACA JUGA:Mengapa Kemudi Motor Listrik Lebih Akselerasi Ketimbang Motor Konvensional?

1. Pengisian dan Pengosongan Daya yang Berlebihan

a. Overcharging

Pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan overheating (panas berlebih) pada baterai. Kondisi ini bisa merusak sel-sel baterai secara permanen, sehingga menjadi penyebab kerusakan baterai motor listrik.

Oleh karena itu pastikan Anda menggunakan charger original, yang direkomendasikan pabrikan dan mengikuti petunjuk pengisian daya yang benar.

b. Overdischarging

Kebiasaan menguras baterai hingga kosong juga tidak dianjurkan, karena dapat menjadi penyebab kerusakan baterai motor listrik. Tindakan ini dapat mempercepat degradasi sel baterai, dan mengurangi kapasitasnya secara permanen.

Idealnya hentikan penggunaan motor listrik ketika indikator baterai menunjukkan sekitar 20% tersisa, untuk menghidari overdischarging diperlukan perencanan rute perjalanan.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Inilah Penyebab Mengapa Motor Listrik Diragukan Keawetan Baterainya

BACA JUGA:KEREN! Inilah Fungsi Torsi Instan yang Menjadi Keunggulan Motor Listrik

2. Lingkungan Ekstrem

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempercepat degradasi baterai. Hindari parkir motor listrik Anda di tempat yang terik matahari, dalam waktu yang cukup lama.

Sebaliknya pada musim dingin cobalah untuk menghangatkan baterai sebelum digunakan, misalnya dengan menyalakan motor beberapa menit sebelum berkendara.

3. Penggunaan yang Tidak Tepat

a. Beban Berat

Membawa beban melebihi kapasitas motor listrik dapat meningkatkan konsumsi daya, dan mempercepat penurunan performa baterai. Sebisa mungkin hindari membawa penumpang, atau barang bawaan yang terlalu berat.

b. Akselerasi Mendadak

Akselerasi yang agresif dan berulang-ulang dapat membuat baterai bekerja lebih keras. Hal ini berdampak pada konsumsi daya yang lebih tinggi, dan berpotensi memperpendek usia baterai.

BACA JUGA:INI 4 ALASAN Mengapa Motor Listrik Tidak Boleh Menerobos Banjir

BACA JUGA:AWAS! Begini Bahaya yang Muncul Jika Kapasitas Charging Motor Listrik dan Daya Listrik Rumah Terbatas

c. Medan Ekstrem

Penggunaan motor listrik di medan yang berat dan terjal, juga dapat mempercepat kerusakan baterai. Hal ini dikarenakan motor membutuhkan energi ekstra untuk melewati medan tersebut, sehingga gunakanlah motor listrik sesuai spesifikasi dan kemampuannya.

4. Faktor Usia

Sama seperti komponen elektronik lainnya baterai juga memiliki usia pakai, hal ini menjadi akhir penyebab kerusakan baterai motor listrik. Seiring berjalannya waktu akan terjadi penurunan kapasitas baterai, secara alami pada motor listrik.

Ini adalah proses degradasi yang tidak bisa dihindari, biasanya pabrikan akan memberikan perkiraan usia pakai baterai pada buku panduan motor.

5. Kualitas Baterai

Gunakanlah baterai dengan kualitas yang baik dan original dari produsen resmi. Baterai berkualitas rendah mungkin terlihat menarik karena harganya yang lebih murah, namun dapat berisiko lebih cepat rusak dan tidak optimal performanya.

BACA JUGA:JANGAN SAMPAI MENYESAL! Pertimbangkan Kapasitas Charging Motor Listrik dan Daya Listrik Rumah Sebelum Membeli

BACA JUGA:Tips Membeli Motor Listrik Bagi Pemula, Wajib Diketahui Jangan Sampai Nyesel!

6. Kerusakan Fisik

Benturan keras, getaran berlebihan, atau kecelakaan, dapat menyebabkan kerusakan fisik pada baterai dan berakibat pada fungsinya. Oleh karena itu berhati-hatilah saat berkendara, dan hindari benturan keras pada motor listrik Anda.

7. Waspada Kesalahan Sistem Kelistrikan

Kerusakan pada sistem kelistrikan motor, dapat menyebabkan pengisian daya baterai yang tidak normal. Hal ini bisa berdampak pada kerusakan sel baterai dalam jangka panjang.  

Lakukan servis berkala secara rutin di bengkel resmi, untuk memastikan kondisi sistem kelistrikan motor listrik Anda selalu dalam keadaan baik.

Dengan memahami penyebab kerusakan baterai motor listrik, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memperpanjang umur motor listrik andalan Anda. Dengan perawatan yang baik, Anda dapat  menikmati performa optimal  motor listrik dalam jangka waktu yang lebih lama. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: