Bahagia dengan Berpuasa

Bahagia dengan Berpuasa

M Muamar Lc MH - Dosen AIK FIKES UMP--

Oleh M Muamar Lc MH 

Dosen AIK FIKES UMP

 

Meraih kebahagiaan adalah cita-cita setiap manusia. Tidak ada manusia yang ingin hidup sengsara, menderita, atau hidup dalam kegalauan. Siapa pun akan berusaha meraih kebahagian itu, walaupun harus melalui kesengsaraan dan kesulitan terlebih dahulu. 

Di antara hal yang dapat membuat kita bahagia adalah dengan beribadah kepada Allah SWT, khususnya adalah ibadah puasa. Setidaknya ada 5 hal yang membuat kita bahagia dengan berpuasa :

1. Bahagia karena telah menyelesaikan puasa

Orang yang berpuasa merasa bahagia saat berbuka karena akhirnya bisa menyantap makanan lezat dan minuman yang menyegarkan. Namun lebih dari itu ia merasa bahagia karena berhasil menyelesaikan ibadah puasa di hari tersebut. Rasulullah SAW bersabda, "Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya," (HR Bukhari).

2. Bahagia mendapat pahala tak terhingga

Orang yang berpuasa akan mendapat pahala yang tidak terbatas. Maka dengan itu sudah menjadi penyebab kebahagiaan bagi seseorang yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda, “Allah Azzawajalla berfirman dalam hadits qudsi: Semua amal perbuatan anak Adam-yakni manusia- itu adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberikan balasan dengannya," (HR Bukhari).

3. Bahagia diampuni dosanya

Setiap manusia pasti pernah melakukan perbuatan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Bulan Ramadan ini adalah kesempatan yang baik untuk membersihkan dosa-dosa.

Maka orang yang berpuasa di bulan Ramadan merasa bahagia karena mendapat jaminan ampunan dari Allah SWT. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan ikhlas mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu," (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Bahagia karena sehat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Adanya kesehatan yang dialami orang yang berpuasa baik jasmani maupun rohani dapat menambah kebahagiaan orang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: