NGGAK USAH BINGUNG ! Ikuti Cara Merawat Motor Listrik yang Jarang Dipakai Agar Tetap Awet

NGGAK USAH BINGUNG ! Ikuti Cara Merawat Motor Listrik yang Jarang Dipakai Agar Tetap Awet

Berbagai tips dan cara untuk merawat motor listrik yang jarang digunakan agara baterainya tetap awet.-Fahma Ardiana-

Ada anggapan bahwa hal yang sama juga terjadi pada sepeda motor listrik jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Karena sepeda motor listrik merupakan produk baru, terdapat kekhawatiran mengenai solusi yang diterapkannya.

Jika sepeda motor listrik Anda tidak digunakan dalam jangka waktu lama, performa baterainya akan berkurang secara bertahap. Jika konsumsinya sangat rendah, kinerja baterai akan menurun secara bertahap.

BACA JUGA:Tips Hemat Baterai Motor Listrik Saat Berkendara

BACA JUGA:HATI-HATI ! Ini Penyebab Motor Listrik Bisa Terbakar

Oleh karena itu, penting untuk mengatur kapasitas baterai saat perangkat jarang digunakan. Pemilik sepeda motor listrik dapat menggunakan tampilan baterai sepeda motor listrik. 

Agar sepeda motor listrik Anda dapat bertahan lama, Anda harus selalu menjaga performa baterainya dan setidaknya memastikan baterai tidak mencapai 0%.

Jika sudah mencapai 0% maka sepeda motor listrik tidak akan bisa hidup sama sekali, namun tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengisi dayanya menggunakan charger rumah. 

Setelah level baterai mencapai 0%, tidak dapat diisi dengan charger biasa dan konsumen harus membawa perangkat sepeda motor listrik U-Winfly ke bengkel untuk diisi secara manual.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, diperlukan tindakan khusus seperti memutus aliran listrik dari baterai ke rangkaian motor.

Terdapat saklar atau sekring berbentuk MCB di bawah jok sepeda motor. Item ini berguna ketika sepeda motor listrik tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

Misalnya, jika Anda ingin keluar kota, pastikan baterai sepeda motor listrik Anda terisi penuh sebelum berangkat.

Matikan saklar di bawah jok untuk mencegah arus mengalir ke sirkuit lai, hal ini akan membuat baterai sepeda motor listrik Anda bertahan lebih lama dan mencegah kerusakan.

Secara teknis permasalahan yang terjadi pada motor listrik yang jarang digunakan hanya berdampak pada aki saja, tidak mempengaruhi komponen lainnya.

Dengan mengikuti cara merawat motor listrik yang jarang dipakai agar tetap awet, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk perbaikan di bengkel. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: