Banner v.2
Banner v.1

Biar Nggak Mogok di Jalan, Cek Komponen Mobil yang Harus Sering Diganti

Biar Nggak Mogok di Jalan, Cek Komponen Mobil yang Harus Sering Diganti

Pastikan Mobil Selalu Nyaman dan Aman dengan Perawatan yang Tepat--

RADARBANYUMAS.CO.ID - Merawat mobil bukan hanya soal mencuci dan mengganti oli. Banyak komponen yang harus diganti secara rutin agar mobil tetap nyaman dan aman digunakan.

Mengabaikan perawatan bisa menyebabkan biaya perbaikan yang mahal. Komponen yang rusak dapat memengaruhi bagian lain dan menambah biaya servis.

Beberapa bagian seperti oli mesin, filter udara, dan busi harus diganti secara berkala. Selain itu, kampas rem, aki, dan timing belt juga memiliki masa pakai yang terbatas.

Shock absorber, ban, dan wiper juga perlu diperhatikan agar performa mobil tetap optimal. Penggantian tepat waktu akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

BACA JUGA:Simak Nih! 12 Perawatan Mesin Mobil Agar Awet dan Prima

BACA JUGA:Tips dan Trik Agar Daya Tahan Baterai Mobil Listrik Awet dan Tahan Lama

Berikut ini adalah 16 komponen mobil yang wajib diganti secara rutin. Dengan perawatan yang tepat, mobil akan lebih awet dan hemat bahan bakar.


Perawatan Rutin Kunci Mobil Awet. Cek dan Ganti Komponen Ini Secara Berkala

1. Oli Mesin

Oli mesin memiliki peran penting dalam menjaga kinerja kendaraan tetap optimal. Selain melumasi komponen mesin agar tidak saling bergesekan, oli juga berfungsi sebagai pendingin yang membantu mengurangi panas berlebih saat mesin bekerja.

Seiring waktu, oli akan mengalami perubahan warna dan tekstur yang bisa berdampak pada performa mesin. Jika oli sudah menghitam, mengental, atau membuat suara mesin menjadi kasar, itu pertanda oli harus segera diganti sebelum menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

BACA JUGA:Agar Tetap Prima, Ini 5 Tips Merawat Mobil Saat Jarang Dipakai

BACA JUGA:Perlu Tahu! Kenali Jenis-Jenis Oli Mobil dan Cara Memilih yang Terbaik untuk Kendaraan

Penggantian oli harus dilakukan sesuai jenisnya agar mesin tetap bekerja dengan baik. Oli konvensional biasanya diganti setiap 5.000-7.500 km, oli semi-sintetik setiap 7.500-10.000 km, dan oli sintetik memiliki masa pakai lebih lama, yaitu 10.000-15.000 km.

2. Filter Oli

Filter oli memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan oli mesin agar kotoran tidak masuk dan merusak komponen dalam. Jika filter tersumbat, aliran oli menjadi terhambat, sehingga tekanan oli menurun dan pelumasan tidak berjalan optimal.

Ketika filter oli kotor, mesin harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan suplai oli yang cukup. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan suhu mesin yang berisiko menimbulkan overheat dan mempercepat keausan komponen.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: