Banner v.2
Banner v.1

Bahaya Ngegas Mobil Saat Mesin Dingin, Ini Efek Buruknya

Bahaya Ngegas Mobil Saat Mesin Dingin, Ini Efek Buruknya

Bahaya Ngegas Mobil Saat Mesin Dingin--

RADARBANYUMAS.CO.ID - Pernah nggak sih lo ngerasa lemas banget pas bangun tidur terus tiba-tiba disuruh angkat galon? Badan pasti langsung kaget, otot tegang, kadang malah bisa keseleo.

Nah, percaya nggak percaya, mobil juga ngerasain hal yang mirip banget pas lo langsung gas pol tanpa kasih waktu buat dia “bangun”.

Lo mungkin mikir, “Ah, mobil zaman sekarang udah canggih, nggak usah ribet dipanasin.”

Eits, jangan salah. Mau mobil lama, mau mobil keluaran tahun ini, mesin tetaplah mesin. Semua tetap butuh waktu buat adaptasi sebelum kerja keras.

Pas pertama kali lo nyalain mobil, terutama pagi hari, semua komponen di dalem mesin itu masih dingin.

BACA JUGA:Toyota bZ3X Mobil Listrik Mewah & Futuristik Setara LCGC Harga Mulai Rp 240 Jutaan

Oli masih ngumpul di bawah, belum naik ke seluruh sudut-sudut mesin. Ini tuh kayak pelumas otot—tanpanya, gerakan jadi kaku dan berisiko.

Nah, kalau lo langsung gas dalam-dalam di kondisi ini, mesin langsung kerja keras tanpa pelindung. Logam ketemu logam, saling gesek, dan... yah, efek jangka panjangnya bisa bikin mobil lo cepat “pikun”.

Lo pernah lihat atlet lari pemanasan dulu sebelum lomba? Itu bukan biar gaya doang. Pemanasan itu penting banget supaya tubuh siap buat gerak cepat dan kuat.

Mesin mobil juga gitu. Dia perlu waktu buat siap sebelum lo ajak ngebut ke kantor atau nongkrong di warkop.

BACA JUGA:Spesifikasi Terbaru Mobil Toyota Yaris yang Gesit dan Lincah di Jalan

Montir legendaris Sodikin dari Palmerah bilang, “Pemanasan itu kaya nyawa buat mesin. Kalau nggak dipanasin, oli belum naik ke atas. Komponen saling gesek tanpa pelindung. Lama-lama bisa jebol.”

Oke, sekarang kita ngomongin yang serem-serem. Tapi serius, ini bukan nakut-nakutin. Lo perlu tahu apa aja efek buruk dari kebiasaan langsung injek gas waktu mesin baru dinyalain!

Komponen mesin cepat aus karena gesekan tanpa oli di awal yang bikin part dalam mesin seperti piston, ring, dan dinding silinder cepat keok.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: