6 Cara Mengatasi Cegukan pada Orang Dewasa, Gampang Banget!

Rabu 17-01-2024,09:25 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada banyak cara mengatasi cegukan yang bisa dilakukan pada orang dewasa. Salah satunya adalah dengan menahan napas, melakukan manuver Valsava, atau menekan titik di beberapa bagian tubuh. Selain itu, ada juga pilihan mengonsumsi obat tertentu untuk mengatasi cegukan yang berulang.

Cegukan sebenarnya adalah kejadian ketika otot besar yang disebut diafragma mengalami kejang atau kontraksi tiba-tiba yang tidak dapat dikendalikan. Ketika ini terjadi, pita suara dapat menutup dengan cepat dan menghasilkan suara "hik".

Secara umum, Anda tidak perlu khawatir berlebihan jika mengalami cegukan karena kejadian ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Namun, jika cegukan terus-menerus tidak kunjung berhenti, penting untuk mengetahui cara mengatasi cegukan pada orang dewasa guna mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Penyebab Terjadinya Cegukan 

Cegukan terjadi karena otot besar yang disebut diafragma, yang berperan dalam proses pernapasan, mengalami kejang. Beberapa faktor umum yang dapat memicu terjadinya cegukan meliputi:

BACA JUGA:Obat Tradisional untuk Meredakan Batuk Menjadi Solusi yang Alami dan Efektif

BACA JUGA:9 Cara Meningkatkan Antibodi Secara Alami, Jadi Tidak Mudah Sakit

  1. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan cepat
  2. Minum minuman bersoda atau berkarbonasi
  3. Konsumsi alkohol secara berlebihan
  4. Mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan
  5. Tingkat stres yang tinggi
  6. Mengalami ketakutan atau kegembiraan yang berlebihan
  7. Minum minuman yang sangat panas atau dingin
  8. Menggunakan obat tertentu, seperti obat penenang benzodiazepin

6 Cara Mengatasi Cegukan

Cara mengatasi cegukan yang ringan bisa dicoba di rumah, namun jika cegukan berlanjut lebih dari 48 jam, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi cegukan yang berlangsung terus-menerus pada orang dewasa:

1. Menahan napas

Salah satu cara mengatasi cegukan yang terjadi secara terus menerus pada orang dewasa adalah dengan menahan napas. Mulailah dengan mengeluarkan napas, lalu tarik napas dalam-dalam dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, tarik napas lagi tanpa mengeluarkannya, berhenti sejenak, dan lakukan tarikan napas yang ketiga.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Kategori :