6 Cara Mengatasi Cegukan pada Orang Dewasa, Gampang Banget!

Rabu 17-01-2024,09:25 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Usus

Cara tersebut dianggap efektif untuk mengatasi cegukan. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan tiga tarikan napas berturut-turut dapat meningkatkan kadar karbon dioksida dalam darah, yang dapat menghentikan refleks cegukan.

2. Bernapas menggunakan kantong kertas

Anda juga dapat menggunakan kantong kertas untuk mengatasi cegukan dengan meningkatkan kadar karbon dioksida dalam darah. Tempatkan kantong kertas di depan mulut dan hidung, lalu tarik dan hembuskan napas perlahan agar kantong kertas mengempis dan mengembang. 

Cara mengatasi cergukan yang satu ini dapat diulang hingga cegukan berhenti, namun hindari penggunaan kantong plastik karena dapat menempel di mulut.

3. Memeluk lutut

Cara mengatasi cegukan yang berikutnya adalah dengan memeluk lutut. Caranya , Anda cukup duduk atau berbaring dengan nyaman, lalu dekatkan lutut ke dada, dan terakhir condongkan tubuh ke depan. 

BACA JUGA:8 Tips and Trik Menjaga Kesehatan Mata Untuk Kalian yang Kerja di Depan Komputer

BACA JUGA:Menggali 5 Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pertahankan posisi ini selama sekitar satu menit. Posisi ini memberikan tekanan pada diafragma, membantu menghentikan kontraksi, dan akhirnya menghentikan cegukan.

4. Melakukan manuver Valsava

Manuver Valsava adalah metode lain yang sering digunakan untuk mengatasi cegukan. Anda dapat melakukannya dengan mencubit hidung hingga tertutup, lalu embuskan napas melalui kedua jalan napas yang tertutup selama 10-15 detik. 

Manuver Valsava dapat membantu melambatkan detak jantung dan meningkatkan tekanan di beberapa area, termasuk tenggorokan, sinus, telinga bagian dalam, dan rongga dada, membantu mengatasi cegukan.

5. Menekan titik tertentu tubuh

Selain melakukan manuver Valsava, menekan titik tertentu pada tubuh juga menjadi cara mengatasi cegukan yang bisa dilakukan. Menekan beberapa titik di tubuh juga dapat membantu mengendurkan diafragma dan saraf vagus. 

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kategori :