Cuaca Buruk Landa Perairan Cilacap, Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Cilacap Mencapai hingga 3,5 Meter

Selasa 16-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gelombang tinggi di perairan selatan Cilacap hingga 3,5 meter masih berpotensi terjadi. Masyarakat maupun nelayan diminta untuk tetap waspada saat bermain ke pantai dan mencari ikan.

Kepala Kelompok Analis BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, ketinggian gelombang mencapai 2 sampai 3,5 meter. Untuk itu pihaknya mengeluarkan peringatan dini.

"Di wilayah Samudera Hindia, antara selatan Cilacap hingga Yogyakarta mencapai ketinggian 3 sampai 4 meter," katanya.

Faktor gelombang tinggi tersebut dikarenakan kecepatan angin yang mengalami peningkatan yakni mencapai 25 knot. "Ini karena kecepatan angin ya. Kecepatan angin mengalami peningkatan. Tercatat di sini kecepatan angin mencapai 25 knot," katanya.

BACA JUGA:Tertibkan Aset Pemkab Cilacap, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Bentuk Tim

BACA JUGA:PC NU Cilacap Tunggu Pentunjuk Resmi Rois Syuriah Terkait Dukungan dalam Pilkada 2024

Dia mengimbau kepada nelayan yang hendak melaut diminta untuk waspada terutama bagi kapal nelayan yang berukuran di bawah 30 gross ton.

"Ini cukup membahayakan untuk nelayan perahu kecil. Jika hendak melaut harus waspada dan hati-hati, jangan melebihi 5 kilometer dari garis pantai," katanya.

Pihaknya juga menghimbau kepada kapal angkutan wisata untuk menyediakan pelampung. Masyarakat yang hendak naik perahu diminta untuk menggunakan pelampung tersebut. (ray)

Kategori :