Begini Pencegahan agar Aki Motor Matic Tidak Cepat Habis

Minggu 02-06-2024,15:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

2. Memastikan Pengisian Daya yang Optimal

Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh pemilik sepeda motor matic adalah aki yang cepat habis karena kurangnya pengisian daya. Masalah ini terjadi ketika aki tidak terisi penuh saat mesin motor dihidupkan, yang dapat mengurangi performa dan umur pakai aki secara signifikan.

BACA JUGA:Pentingnya Penggunaan Penerangan yang Tepat, Ini Fungsi Lampu Jauh dan Dekat pada Motor Matic

BACA JUGA:8 Rekomendasi Motor Matic Yamaha Tahun 2024 Beserta Spesifikasinya

Untuk mengatasi masalah ini, Pastikan mesin motor dihidupkan selama waktu yang cukup untuk mengisi aki secara penuh. Membiarkan mesin motor berjalan selama beberapa waktu setelah dihidupkan akan membantu memastikan aki terisi secara maksimal.

Selain memperhatikan waktu pengisian, pastikan juga untuk mengisi daya aki secara penuh saat menghidupkan mesin motor. Pastikan pengisian daya dilakukan dengan baik dan tidak terputus secara tiba-tiba, sehingga aki mendapatkan pasokan daya yang optimal untuk menjaga kinerjanya.

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan sederhana ini, pemilik sepeda motor matic dapat memastikan aki mereka terisi penuh dan siap untuk memberikan performa yang optimal setiap kali mesin motor dihidupkan. 

3. Mengelola Penggunaan Aksesoris dengan Bijak

Penggunaan aksesoris tambahan pada sepeda motor, seperti alarm motor, sistem audio, lampu LED, atau strobo, dapat memberikan kenyamanan dan keamanan tambahan bagi pengendara. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aksesoris ini juga dapat berdampak pada kesehatan aki motor matic.

BACA JUGA:5 Efek Negatif Sering Gonta-Ganti Merek Oli Motor Matic

BACA JUGA:Simak Nih! 4 Tips Memilih Merek Oli yang Cocok Untuk Motor Matic

Penggunaan aksesoris tambahan membutuhkan daya tambahan yang cukup besar, yang pada akhirnya dapat menguras daya aki dengan cepat. Untuk menghindari masalah ini, langkah-langkah berikut dapat dilakukan.

Saat memasang aksesoris tambahan, pastikan untuk memperhatikan kapasitas daya listrik motor dan daya yang dibutuhkan oleh komponen-komponen tambahan tersebut. Hindari memasang terlalu banyak aksesoris yang dapat melebihi kapasitas daya motor.

Perlu diingat bahwa penggunaan beberapa aksesoris, seperti strobo, diatur oleh undang-undang lalu lintas. Strobo hanya boleh digunakan pada kendaraan yang memiliki hak dan kepentingan khusus yang sangat penting, sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 134 dan 135 Undang-Undang Nomor 22 Tahun .

Dengan mengelola penggunaan aksesoris tambahan dengan bijak dan mematuhi regulasi yang berlaku, pemilik sepeda motor matic dapat Pencegahan agar Aki Motor Matic Tidak Cepat Habis.

4. Memperhatikan Usia Aki

Kategori :