5 Penyebab Rem Motor Matic Kurang Pakem

Rabu 15-05-2024,09:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:Tips Motor Matic Kuat Saat Melewati Tanjakan

BACA JUGA:Yuk Cari Tau Alasannya, Mengapa Solar Tidak Bisa Digunakan pada Motor Matic!

2. Kampas Rem Habis: Kampas rem yang sudah aus atau habis dapat menyebabkan sistem pengereman bekerja dengan tidak efisien, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pergerakan cairan rem yang tidak stabil dan pembentukan gelembung udara.

3. Kebocoran pada Saluran Rem: Kebocoran pada saluran rem dapat memungkinkan udara untuk masuk ke dalam sistem pengereman. Hal ini bisa terjadi akibat ausnya komponen, kerusakan pada selang rem, atau perangkat rem yang tidak terpasang dengan benar.

Jika Anda mengalami gejala rem motor matic kurang pakem dan mencurigai adanya gelembung udara di saluran rem, Pastikan cairan rem pada tangki rem masih mencukupi dan tidak tercemar oleh kotoran atau partikel lainnya. 

Periksa kondisi kampas rem dan pastikan bahwa mereka masih memiliki ketebalan yang mencukupi untuk memberikan daya cengkeram yang baik. Ganti kampas rem yang sudah aus atau habis dengan yang baru.

Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang sistem pengereman, segera bawa motor matic Anda ke bengkel langganan untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang terampil dan berpengalaman.

Dengan mengambil langkah-langkah preventif dan melakukan perawatan rutin pada sistem pengereman, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya masalah pengereman yang kurang pakem akibat adanya gelembung udara di saluran rem. 

4. Kualitas Cairan Rem dan Permukaan Kampas Rem

Dalam menjaga performa pengereman yang optimal pada motor matic, dua faktor penting yang harus diperhatikan adalah kualitas cairan rem dan kondisi permukaan kampas rem. Keduanya memiliki peran besar dalam memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik dan aman. 

Seiring dengan penggunaan kendaraan, kualitas cairan rem cenderung menurun seiring waktu. Ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pemakaian, paparan suhu ekstrem, dan kerusakan formula cairan rem itu sendiri. 

BACA JUGA:Risiko Jika Motor Matic Menggunakan Oli Mesin untuk Motor Manual

BACA JUGA:5 Penyebab Fuel Pump Motor Matic Tidak Berfungsi Dengan Baik

Turunnya kualitas cairan rem dapat mengakibatkan timbulnya kotoran seperti lumpur atau lumut di dalam sistem pengereman, yang pada gilirannya dapat mengganggu aliran cairan dan responsivitas sistem rem.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penggantian cairan rem secara berkala. Penggantian cairan rem secara rutin membantu menjaga kualitasnya tetap prima dan mencegah terjadinya penumpukan kotoran di dalam sistem pengereman. 

Salah satu faktor lain yang dapat menyebabkan pengereman kurang pakem adalah permukaan kampas rem yang mengeras. Ketika permukaan kampas rem mengeras, daya cengkeram terhadap dinding mangkuk tromol rem akan menurun, sehingga mengurangi efektivitas pengereman.

Kategori :