Manfaat Parenting bagi Perkembangan Anak

Manfaat Parenting bagi Perkembangan Anak

Manfaat Parenting bagi Perkembangan Anak-TheAsianParent-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Orang tua memiliki peran sentral dalam pembentukan karakter dan perkembangan anak-anak mereka. Pendidikan pertama yang diterima oleh anak berasal dari lingkungan keluarga, sehingga penting bagi setiap orang tua untuk mengasuh anak dengan baik agar mereka dapat menjadi individu yang sesuai dengan zamannya.

Pentingnya pola pendidikan yang diterapkan orang tua di lingkungan keluarga tidak bisa diabaikan. Perlakuan yang terlalu otoriter, asuhan yang keras, dan pemberian hukuman yang berlebihan dapat membentuk pribadi anak yang cenderung rendah diri, takut berpendapat, sulit bergaul, dan mudah frustasi saat menghadapi tantangan kritis.

Dalam konteks ini, pemahaman orang tua terhadap pola penerapan parenting menjadi kunci. Pengetahuan ini tidak hanya memungkinkan mereka untuk memahami anak secara lebih baik tetapi juga membantu dalam pengembangan karakter positif pada anak. 

Proses pengasuhan yang tepat dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan dinamika zaman dengan lebih baik.

Pengertian Parenting

Parenting, secara umum, adalah pola pengasuhan anak yang dilakukan dengan cara yang baik dan menekankan sikap positif. Pendekatan ini mendorong perkembangan anak secara holistik, melibatkan aspek intelektual, fisik, emosional, sosial, dan spiritual.

BACA JUGA:Inilah Pentingnya Parenting Education dalam Pengasuhan Anak

BACA JUGA:4 Gaya Parenting ala Orang Tua Jepang yang Bisa Menjadi Inspirasi

Menurut Chabib Thoha, parenting adalah tindakan terbaik yang harus diambil oleh orang tua sebagai tanggung jawab mereka terhadap anak. Pola pengasuhan menjadi manifestasi dari rasa tanggung jawab tersebut. Ketidaksesuaian pola asuh dengan kebutuhan anak mencerminkan kurangnya kepedulian orang tua terhadap anak.

M. Shochib menambahkan bahwa parenting adalah upaya orang tua dalam mengatur lingkungan sosial, budaya, suasana psikologis, dan perilaku saat berinteraksi dengan anak-anak. Sementara Muhammad Fauzil Adhim menyatakan bahwa positive parenting bertujuan mempersiapkan anak mengemban amanah pada zamannya dan memenuhi kejiwaan hati dengan iman kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Penting untuk dicatat bahwa parenting bukan sekadar tugas, melainkan interaksi antara orang tua dan anak selama proses pengasuhan. Ini mencakup pemberian pendidikan, bimbingan, disiplin, dan perlindungan agar anak mencapai kedewasaan sesuai norma masyarakat.

Dengan menerapkan pola parenting yang benar, orang tua dapat membentuk anak yang memiliki kemampuan intelektual dan fisik yang optimal. Selain itu, perkembangan emosional, sosial, spiritual, dan intelektual anak juga akan terjaga dengan baik. 

Manfaat Parenting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: