Cara Mendidik Anak yang Berkata Kasar

Cara Mendidik Anak yang Berkata Kasar

Cara Mendidik Anak yang Berkata Kasar-Seruni.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Anak-anak, walau masih kecil, adalah peniru yang ulung. Mereka secara aktif merekam segala yang mereka lihat dan dengar, termasuk perkataan kasar yang mungkin mereka temui dari lingkungan sekitarnya. Sayangnya, seringkali mereka tidak sepenuhnya memahami makna di balik kata-kata tersebut.

Anak usia dini, di bawah 5 tahun, yang menggunakan perkataan kasar umumnya belum sepenuhnya memahami arti dari kata-kata tersebut. Mereka mungkin mengucapkannya karena meniru orang-orang dewasa di sekitarnya atau karena menganggap kata-kata tersebut lucu. Berikut cara mendidik anak yang berkat kasar:

1. Memastikan Tetap Tenang Terhadap Anak

Ketika anak mengucapkan kata-kata kasar, pertahankan ketenangan Anda. Ajaklah mereka untuk duduk dan bicara dengan tenang. Berikan pemahaman bahwa kata-kata tersebut memiliki arti yang tidak baik dan tidak pantas untuk digunakan.

Gunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami untuk menjelaskan kepada anak mengapa kata-kata tersebut tidak baik. Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, "Kata ini tidak baik dan anak baik seperti kamu tidak seharusnya berkata seperti itu. Jadi, berikutnya kamu tidak perlu menggunakan kata-kata tersebut ya, Nak."

BACA JUGA:Cara Mendidik Anak Agar Tidak Mudah Marah

BACA JUGA:Cara Mendidik Anak yang Manja yang Efektif

Selain memberikan penjelasan, penting juga untuk memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak. Tunjukkan kepada mereka bagaimana mengungkapkan emosi atau ketidaksetujuan dengan cara yang lebih baik dan sopan.

Setelah memberikan penjelasan dan contoh perilaku yang baik, berikan pujian dan dorongan kepada anak ketika mereka berhasil mengendalikan diri dan tidak menggunakan kata-kata kasar. Ini akan memperkuat perilaku positif dan mendorong mereka untuk terus berbuat baik.

2. Memberikan Contoh dalam Mengekspresikan Emosi

Sebagai orang tua, kita memiliki peran penting dalam memberikan contoh yang baik kepada anak-anak, terutama dalam hal mengekspresikan emosi. Jaga diri untuk tidak menggunakan kata-kata kasar atau memaki di depan anak.

Jika secara tidak sengaja melakukan kesalahan seperti berkata kasar di depan anak, segeralah mengoreksinya. Berikan contoh bahwa orang dewasa juga bisa melakukan kesalahan, dan minta maaf kepada anak. Berjanjilah untuk tidak melakukannya lagi.

BACA JUGA:Cara Mendidik Anak yang Suka Berbohong

BACA JUGA:7 Cara Mendidik Anak agar Tidak Nakal Terhadap Teman, Jangan Dikerasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: