4 Bentuk Dad Shaming yang Membuat Ayah Merasa Terpinggirkan

4 Bentuk Dad Shaming yang Membuat Ayah Merasa Terpinggirkan

Bentuk Dad Shaming-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tidak hanya ibu, kritik keras terhadap cara mendidik anak ternyata juga sering dialami oleh ayah. Perilaku yang merendahkan ayah ini dikenal dengan istilah dad shaming. 

Dalam sebuah penelitian, sekitar 52% ayah pernah mengalami dad shaming. Berbeda dengan mom shaming, dad shaming lebih sering dilakukan oleh individu yang memiliki hubungan dekat dengan ayah, seperti istri, orang tua, atau bahkan teman-temannya.

Ada berbagai bentuk dad shaming yang sering terjadi. Perlakuan dad shaming mungkin tidak terlihat dengan jelas atau mungkin tidak disadari. 

Nah, berikut adalah beberapa bentuk dad shaming yang bisa terjadi.

BACA JUGA:8 Ciri-ciri Mom Shaming yang Sering Diabaikan oleh Banyak Orang

BACA JUGA:Tips Parenting Sukses untuk Single Dad alias Ayah Tunggal

4 Bentuk Dad Shaming yang Membuat Ayah Merasa Terpinggirkan

1. Dikritik Mengenai Cara Mendisiplinkan Anak

Mendapat kritik mengenai cara mendisiplinkan anak merupakan salah sat bentuk dad shaming yang sering dialami oleh ayah. Sikap tegas ayah seringkali disalahartikan sebagai perilaku yang terlalu keras, yang kemudian menimbulkan berbagai macam kritikan.

Namun, saat memberikan kelonggaran kepada anak, ayah juga sering kali dikritik karena dianggap terlalu memanjakan. Padahalnya, setiap ayah memiliki pendekatan yang berbeda dalam mendisiplinkan anak.

2. Dikomentasi Mengenai Perkembangan Anak 

Diomentari mengenai perkembangan anak juga kerap dialami oleh para ayah. Komentar seperti "Kenapa anaknya kurus sekali?" atau "Sudah 2 tahun tapi belum lancar bicara?" seringkali menghujani para ayah. 

Mereka sering kali dianggap tidak tahu tentang perkembangan anak, nutrisi yang dibutuhkan, atau cara mengajarkan anak, sehingga rentan terhadap kritikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: