Gejala dan Penyebab Penyakit Gangguan Kesehatan Mental Eating Disorder

Gejala dan Penyebab Penyakit Gangguan Kesehatan Mental Eating Disorder

Pencegahan & pengobatan Gangguan Kesehatan Mental Eating Disorder memerlukan pendekatan holistik, termasuk psikoterapi, konsultasi ahli gizi, dan obat-obatan.-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apa saja gejala dan penyebab penyakit gangguan kesehatan mental eating disorder. Eating disorder, atau gangguan makan, merupakan jenis penyakit gangguan kesehatan mental yang ditandai oleh pola makan yang tidak wajar. Kondisi ini sangat berdampak negatif pada kesehatan mental

Gangguan makan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik, termasuk gangguan pada jantung, lambung, dan tulang. Selain itu, eating disorder juga dapat menyebabkan gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan isolasi sosial.

Gejala Gangguan Kesehatan Mental Eating Disorder

Gangguan kesehatan mental eating disorder adalah kondisi serius yang memengaruhi pola makan seseorang dan dapat memiliki dampak yang merugikan pada kesehatan fisik dan mental. Berikut gejalanya:

1. Anoreksia Nervosa

Anoreksia nervosa adalah kondisi di mana penderitanya enggan untuk makan karena takut akan kenaikan berat badan. Orang-orang dengan anoreksia nervosa cenderung memiliki berat badan yang sangat rendah, bahkan di bawah berat badan yang sehat.

Mereka berusaha untuk mengontrol berat badan dengan cara-cara yang tidak sehat. Beberapa penderita anoreksia nervosa bahkan mengonsumsi obat pelangsing yang tidak terjamin keamanannya, mengakibatkan risiko kesehatan yang serius.

BACA JUGA:Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

BACA JUGA:Cabai Ternyata Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

2. Bulimia Nervosa

Bulimia nervosa juga didorong oleh perasaan takut akan kenaikan berat badan, tetapi ditandai dengan pola makan yang berbeda. Pengidap bulimia nervosa cenderung makan dalam jumlah besar, kemudian memuntahkan makanan tersebut sebagai cara untuk mengontrol berat badan.

Mereka juga mungkin menggunakan obat pencahar atau penekan nafsu makan untuk mencegah kenaikan berat badan. Setelah melakukan makan berlebihan, penderita bulimia nervosa sering merasa bersalah atau malu. 

3. Binge-Eating Disorder:

Binge-eating disorder adalah kondisi di mana seseorang cenderung makan berlebihan tanpa kendali. Pengidap binge-eating disorder cenderung makan lebih banyak dari yang mereka inginkan, bahkan setelah merasa kenyang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: