7 Langkah Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda Setiap Hari

7 Langkah Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda Setiap Hari

Menjaga Kesehatan Mental-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika mental kita dalam kondisi baik, kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar, menjaga hubungan yang positif dengan orang lain, dan lebih efektif dalam pekerjaan atau pembelajaran.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), seseorang dapat dianggap memiliki kesehatan mental yang baik jika mampu mengenali potensinya, mengelola stres sehari-hari, menjalankan tugas dengan efisien, serta memberikan kontribusi positif bagi lingkungannya.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kesehatan mental. Berikut penjelasannya. 

7 Langkah Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikut adalah beberapa tips umum untuk merawat kesehatan mental Anda:

1. Menghargai Diri Sendiri

Salah satu langkah awal dalam menjaga kesehatan mental adalah dengan menghargai diri sendiri. Mulailah dengan cara memperlakukan diri Anda dengan baik dan melihat sisi positif dari diri Anda.

BACA JUGA:Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri dengan Adanya Orang Tua yang Narsistik

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Self Care untuk Kesehatan Mental Anda dan Cara Melakukannya!

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, seperti mengejar hobi dan menyediakan waktu untuk diri sendiri. Bersyukur atas hal-hal baik dalam hidup Anda juga dapat membantu Anda untuk menghargai diri sendiri. Hindari menyalahkan diri sendiri secara berlebihan dan membandingkan diri Anda dengan orang lain.

2. Mengelola Stres dengan Baik

Stres adalah bagian alami dari kehidupan sehari-hari yang sulit dihindari. Namun demikian, Anda dapat belajar cara mengelola stres dengan baik.

Berjalan-jalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan musik, atau menulis di jurnal harian adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu menenangkan pikiran Anda dan melihat hidup dengan lebih positif, sehingga stres yang Anda alami dapat berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: