6 Manfaat Berdoa bagi Kesehatan Mental

6 Manfaat Berdoa bagi Kesehatan Mental

Manfaat berdoa bagi kesehatan mental-CNN-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat berdoa bagi kesehatan mental mungkin masih jarang diketahui. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berdoa dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan emosional seseorang. 

Hasil studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang rutin berdoa setiap hari memiliki risiko mengalami depresi yang lebih rendah. Selain itu, berdoa secara teratur juga dikaitkan dengan dampak positif yang lebih besar pada kehidupan seseorang.

Jadi, apa saja manfaat berdoa untuk kesehatan mental tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

1. Memperpanjang Umur

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukan hasil yang menarik mengenai hubungan antara kebiasaan berdoa di gereja dan umur seseorang. Temuan tersebut menyatakan bahwa individu yang rajin menghadiri ibadah di gereja setiap minggunya memiliki potensi untuk hidup lebih lama hingga 55%. 

BACA JUGA:Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Mental

BACA JUGA:Manfaat Tadarus Al Quran Bagi Kesehatan Mental

Kesimpulan ini diperoleh dari pengamatan selama periode 18 tahun setelah penelitian dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa melakukan praktik spiritual secara teratur dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap umur panjang dan kesejahteraan seseorang dalam jangka waktu yang panjang.

2. Mengurangi Risiko Depresi

Manfaat menenangkan dari berdoa ternyata sebanding dengan efek yang diperoleh dari praktik yoga dan meditasi. Dengan hati yang damai, seseorang memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami depresi. 

Temuan ini bukanlah sekadar mitos, melainkan didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh tim University of Mississippi, Amerika Serikat, pada tahun 2019. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang rutin berdoa selama 6 minggu merasakan penurunan gejala depresi dan kecemasan yang signifikan.

3. Menghadirkan Ketenangan

Rasa gelisah seringkali menjadi tanda awal adanya masalah kesehatan mental. Dalam hal ini, manfaat berdoa bagi kesehatan mental mampu memberikan ketenangan dan mengurangi kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: