Pemkab Cilacap Gelontorkan Dana Rp 566 Juta untuk Hibah Masjid dan Musala

Pemkab Cilacap Gelontorkan Dana Rp 566 Juta untuk Hibah Masjid dan Musala

Pj Bupati Cilacap saat melakukan tarhim keliling di Cimanggu.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP menggelontor Rp 566 juta bantuan dana hibah untuk sejumlah masjid dan musala di Kabupaten CILACAP.

Bantuan tersebut diserahkan saat melakukan tarhim (tarawih dan silaturahmi) di Masjid Baiturahman Desa Bantar Panjang, Kecamatan Cimanggu, Rabu (13/3/2024). Masing-masing mendapat sekitar Rp 10 juta.

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, bantuan tersebut bersifat stimulan, sehingga tidak semua masjid dan musala mendapatkan bantuan tersebut. 

"Tahun ini dana hibah cukup besar, totalnya mencapai Rp 566 juta. Memang tidak semua masjid dan musala mendapatkan bantuan, karena ini sifatnya simultan. Nanti sisanya bagian masyarakat dan jamaah untuk ikut memakmurkan masjid dan musala," kata Awaluddin.

BACA JUGA:Gelombang Selatan Cilacap Mengamuk, Sebabkan Banjir Rob di Sejumlah Pantai

BACA JUGA:Hendak Perang Sarung, 16 Remaja di Cilacap Diamankan Polisi

Diharapkan, bantuan tersebut dapat dipergunakan untuk keperluan masjid dengan baik dalam beribadah.

Selama bulan Ramadan, pemerintah kabupaten akan melakukan 13 putaran tarhim di wilayah Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat hubungan pemerintah dengan masyarakat. 

Dalam kesempatan itu pula, Pj Bupati Cilacap mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam kegiatan pemilu 2024 lalu. Hal tersebut dikarenakan partisipasi pemilih meningkatkan dibandingkan pemilu 2019 lalu.

"Alhamdulillah, pelaksanaan pemilu kemarin berjalan lancar dengan tingkat kehadiran mencapai 75 persen. Dibandingkan lima tahun lalu hanya sekitar 72 persen. Ini akan terus kita evaluasi terutama dalam menghadapi Pilkada serentak mendatang," ujar Pj Bupati. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: