Bikin Panik, Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Bersembunyi di Kandang Ayam Warga Damkar Cilacap Turun Tangan

Bikin Panik, Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Bersembunyi di Kandang Ayam Warga Damkar Cilacap Turun Tangan

Petugas Damkar Cilacap berupaya mengevakuasi ular sanca dari kandang ayam milik warga Tegal Kamulyan, Kamis (14/3/2024).-UPT Damkar Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Seekor ular sanca dengan ukuran besar kagetkan Budi Setiyono (45) warga Jalan Penyu Barat, Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan CILACAP Selatan. Keberadaan ular tersebut sempat membuat panik warga sekitar hingga melapor ke Petugas Damkar.

Ular sanca sepanjang 3 meter tampak sehabis memangsa seekor ayam, hingga hanya bersembunyi di dalam kandang.

"Warga panik, ada ular besar bersembunyi di kandang ayam. Khawatir membahayakan pemilik kandang melapor ke kami," kata Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi, Kamis (14/3/2024).

Menindaklanjuti laporan tersebut, Damkar mengirimkan petugas sebanyak 4 orang petugas dibantu 1 orang petugas linmas dengan dibekali APD lengkap.

BACA JUGA:Gelombang Selatan Cilacap Mengamuk, Sebabkan Banjir Rob di Sejumlah Pantai

BACA JUGA:Hendak Perang Sarung, 16 Remaja di Cilacap Diamankan Polisi

"Kita lakukan observasi terlebih dahulu, karena ukuran ular yang cukup besar serta khawatir ular tersebut agresif," lanjutnya.

Setelah 15 menit berselang, ular tersebut dapat sepenuhnya ditangani. Ukuran ular yang besar cukup menyusahkan petugas untuk mengevakuasi dari dalam kandang ayam.

"Ular tersebut habis menelan seekor ayam, sehingga tidak terlalu agresif," tandasnya.

Kemudian sebagai prosedur tetap, petugas Damkar membagikan nomor Pos Damkar serta mensosialiasasikan aplikasi Satkartaru SIAP kepada masyarakat.

"Selain itu kita berikan imbauan. Saat ini banyak masuk laporan mengenai hewan liar, terutama ular yang masuk ke rumah warga. Jadi harap meningkatkan kewaspadaan, terutama warga yang berdampingan dengan pekarangan atau hutan," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: